Sukses

Cara Menangani Diare pada ODHA

Keluhan diare sering terjadi pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Bagaimana cara mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Menurut World Health Organization (WHO), diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan bentuk dan konsistensi tinja yang lunak sampai cair. Selain itu, frekuensi buang air besar bertambah menjadi tiga kali atau lebih dalam sehari. Kondisi tersebut juga mungkin disertai dengan muntah atau tinja yang berdarah.

Diare dapat disebabkan oleh banyak hal seperti virus, bakteri, efek samping dari obat tertentu, dan lainnya. Keluhan diare sering ditemukan pada pasien anak-anak, karena daya tahan tubuh anak masih belum optimal.

Meski demikian, pasien dewasa juga dapat mengalami diare. Terlebih, bila penderita mengalami penyakit autoimun, seperti akibat infeksi virus HIV yang telah berkembang menjadi AIDS. Pada pasien yang imun tubuhnya melemah sering mengeluhkan diare. Kondisi itu dapat memicu dehidrasi, malnutrisi, bahkan kegagalan efek obat karena gangguan penyerapan.

Lantas bagaimana cara menangani diare pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA)? Sebenarnya, tata laksana diare pada ODHA kurang lebih sama dengan tata laksana diare pada umumnya.

Hanya saja, diare pada umumnya disebabkan oleh faktor tunggal. Sementara itu, diare pada ODHA dapat disebabkan oleh faktor lain. Selain karena masalah pada sistem pencernaan, diare pada ODHA juga dapat terjadi akibat penggunaan obat virus (anti-retroviral) tertentu. Jadi, penanganan diare pada ODHA tergantung pada penyebabnya.

Berikut ini cara menangani diare pada ODHA berdasarkan penyebabnya:- Efek samping obat. Diare dapat terjadi karena efek samping obat tertentu. Mungkin butuh dipertimbangkan jika harus mengubah obat untuk mengurangi diare.- Infeksi usus. Gangguan pencernaan karena infeksi pada usus dapat menyebabkan diare. Jika memang ini adalah pemicu utamanya, maka diperlukan tes lebih lanjut seperti tes feses. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab infeksi pada usus, sehingga dapat diobati sesuai jenis mikroorganismenya.- Lebih berhati-hati memilih makanan. Kurangi makanan berlemak. Sebab, lemak tidak dapat diserap secara baik dalam saluran pencernaan. Alhasil, lemak malah menumpuk di usus besar dan meningkatkan perkembangbiakan bakteri.

Untuk dapat mengetahui penyebab diare pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. Di samping itu semua, hal yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan cairan. Hal ini penting, agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik dalam keadaan diare. Jangan sungkan juga untuk mendiskusikan keadaan dan keluhan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar