Sukses

Rayakan Tahun Baru Tanpa Serangan Nyeri Otot

Jangan biarkan nyeri otot menjadi penghalang Anda untuk merayakan tahun baru. Temukan cara mencegahnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri otot merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh banyak orang. Tidak hanya menyebabkan sulit beraktivitas, nyeri otot juga dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Nyeri otot dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh –seperti punggung, lutut, dan tangan. Biasanya, nyeri otot muncul tanpa penyebab yang diketahui.

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang dapat memicu nyeri pada otot, di antaranya:

  • Trauma pada otot atau ligamen. Hal ini umum ditemui pada orang yang pekerjaannya banyak mengangkat barang. Mengangkat benda berat secara berulang atau gerakan tidak biasa, dapat menyebabkan regangan pada otot dan menyebabkan rasa nyeri otot.
  • Bantalan tulang punggung menonjol atau dikenal dengan hernia nukleus pulposus, terjadi akibat keluarnya bantalan pada tulang punggung. Hal ini dapat memicu rasa nyeri pada tulang punggung Anda.
  • Lengkungan tulang punggung yang tidak normal, misalnya skoliosis.

Bagaimana cara menghindari berbagai gangguan otot tersebut? Untuk mengurangi nyeri pada cedera otot, Anda dapat menerapkan metode PRICE yakni:

P:      Protection atau perlindungan (memberikan perlindungan pada bagian yang sakit)

R:      Rest atau istirahat (mengistirahatkan otot dan jangan digunakan untuk beraktifitas)

I:        Ice atau es (mengkompres daerah yang sakit dengan es)

C:      Compress atau membalut (membalut daerah yang terasa nyeri)

E :      Elevated atau ditinggikan (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)

Selain melakukan metode tersebut, Anda juga dapat mengoleskan krim atau gel antinyeri pada daerah yang terasa sakit. Salah satu gel antinyeri yang bisa Anda coba adalah Voltaren Emugel.

Voltaren Emugel mengandung zat non-steroid dan anti peradangan (NSAID), diklofenak. Diklofenak bekerja untuk meredakan rasa nyeri dan menurunkan tingkat peradangan tanpa membuat kulit terasa panas.

Kelebihan lain dari gel ini adalah kemampuannya untuk melawan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. Anda pun dapat segera beraktivitas kembali tanpa perlu merasa khawatir akan rasa nyeri.

Namun, jika gejala nyeri otot yang Anda rasakan tidak kunjung sembuh, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tanpa nyeri otot, perayaan tahun baru tentu akan jauh lebih menyenangkan. Selamat Tahun Baru!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar