Darah

4 Bahan Alami Ini Atasi Darah Kental

Gerardus Septian Kalis, 02 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda memiliki masalah darah kental? Beberapa bahan alami ini dipercaya manjur sebagai pengencer darah.

4 Bahan Alami Ini Atasi Darah Kental

Kondisi darah kental di dalam tubuh, dapat menghambat sirkulasi oksigen, nutrisi dan hormon ke seluruh  tubuh. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang berisiko terkena serangan jantung, stroke atau masalah kesehatan serius lainnya.

Ada beragam cara untuk untuk mengatasi kondisi darah kental. Salah satu di antaranya,  Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat membantu mengencerkan darah.

Seperti dikutip dari livestrong, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat mengencerkan darah yang kental:   

1. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang terbukti memiliki efek pengencer darah. EPA dan DHA berperan menghambat pembentukan zat yang mendorong pembentukan gumpalan darah.

Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari suplemen minyak ikan yang tersedia dalam bentuk kapsul dan cairan. Sumber EPA dan DHA bisa didapatkan dari salmon, sarden, tuna dan makarel.

American Heart Association mengungkapkan, bahwa  konsumsi harian 0,5 sampai 1,8 gram gabungan EPA dan DHA mampu menurunkan penyakit jantung koroner. Kandungan ini setara dengan sekitar 2 porsi ikan dalam satu minggu.

2. Vitamin E

Vitamin E mampu menghambat pembentukan gumpalan darah melalui berbagai mekanisme. Efek pengenceran darah ini juga bergantung pada dosis, sehingga efek pada setiap orang dapat berbeda-beda. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada peran potensial dari vitamin E sebagai pengencer darah yang alami.

Vitamin E dapat ditemukan dalam sejumlah makanan, termasuk biji-bijian, gandum, almon, bunga matahari, kuning telur dan kacang-kacangan.

3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu makanan yang telah lama digunakan sebagai obat. Menurut sebuah penelitian, kandungan kurkumin pada kunyit bekerja pada trombosit untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah.

4. Kayu manis

Kayu manis mengandung kumarin, yakni senyawa kimia yang berperan sebagai antikoagulan (penghambat pembekuan darah) yang kuat. Kumarin dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh artritis.

Meski begitu, hati-hati saat menggunakan kayu manis sebagai pengencer darah. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi kayu manis dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Ada banyak solusi yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami untuk menanggulangi darah kental. Akan tetapi, beberapa cara di atas tidak serta-merta menggantikan obat-obat yang diresepkan oleh dokter. Berhati-hatilah, beberapa produk alami pun bisa mengganggu kesehatan, jika pemanfaatannya tidak tepat atau berlebihan.

[NP/ RVS]

Bahan AlamidarahGumpalan DarahPengencer DarahDarah Kental