Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBenarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?
Diet dan Nutrisi

Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?

dr. Ellen Theodora, 28 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebagian orang percaya hanya dengan minum susu dapat bersihkan paru-paru. Benarkah hal tersebut?

Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?

Keluhan sesak napas kerap dihubungkan dengan penyakit paru-paru. Tuberkulosis, paru-paru basah, kanker paru, asma, infeksi paru adalah penyakit pada paru yang sering menjadi alasan paru-paru terasa sesak.

Belum lagi banyaknya paparan asap rokok, membuat risiko terserang penyakit di bagian pernapasan ini semakin besar. Berbagai cara untuk membersihkan paru-paru agar tetap bersih pun dilakukan. Salah satu cara yang kerap ditempuh untuk membersihkan paru-paru adalah dengan rutin minum susu.

Berdasarkan kabar yang beredar dikatakan, apabila mengonsumsi susu maka akan tercipta lendir yang cukup banyak. Melalui mekanisme tertentu seperti batuk,  diharapkan lendir dapat membersihkan paru-paru dari penyakit.

Susu memang disarankan agar diminum rutin karena minuman ini merupakan salah satu sumber gizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, susu juga merupakan sumber yang penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

Sayangnya mengenai kabar bahwa minum susu memiliki manfaat untuk membersihkan paru-paru, masih perlu penelitian lebih lanjut. Pasalnya, meminum susu tidak berpengaruh untuk membersihkan paru-paru seperti berita yang tengah beredar di kalangan masyarakat.

Untuk menjaga kondisi paru-paru agar tetap prima sebaiknya hentikan kebiasan merokok. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, otak dan ginjal. Selain itu, kebiasaan merokok bisa menyebabkan orang bukan perokok menjadi perokok pasif sehingga rentan terkena penyakit paru-paru.

Nah, susu sebagai minuman yang memiliki nutrisi tinggi, memang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, manfaat susu untuk membersihkan paru-paru, tampaknya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sedangkan tindakan yang lebih penting untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan bergizi – termasuk minum susu – Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin dan cukup istirahat.

[DA/ RVS]

Minum SusususuParu-paru

Konsultasi Dokter Terkait