HomeInfo SehatOtot dan Sendi6 Kiat Sederhana Atasi Nyeri Sendi Tanpa Obat
Otot dan Sendi

6 Kiat Sederhana Atasi Nyeri Sendi Tanpa Obat

Gerardus Septian Kalis, 27 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Coba beberapa langkah ini untuk menghilangkan nyeri sendi yang Anda alami.

6 Kiat Sederhana Atasi Nyeri Sendi Tanpa Obat

Persendian adalah salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk menahan kerangka tubuh. Keberadaan dan kesehatan sendi sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk meregangkan, memutar dan bergerak.

Saat Anda terkena nyeri sendi maka semua aktivitas harian Anda pun ikut terganggu, karena rasa ngilu yang biasanya mengikuti gangguan ini.  Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi.

1. Menjaga berat badan tetap normal

Sebuah studi di Kanada melaporkan, mereka yang obesitas tiga kali lebih mungkin melakukan operasi persendian lutut daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

“Orang-orang yang kelebihan berat badan dan berhasil menurunkan berat badan sekitar 5 kg terbukti dapat mengurangi separuh risiko pengembangan osteoartritis lutut selama 10 tahun ke depan,” kata dr Sarah Brewer dari LQ Liquid Health Joint Care. Menurutnya, olahraga yoga dan pilates adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan sendi.

2. Jangan terlalu sering melakukan gerakan berulang

Semua aktivitas yang Anda lakukan setiap hari dapat menimbulkan nyeri sendi, terutama ketika Anda melakukan gerakan sendi yang berulang.

Menurut Jamal A. Mikdashi, MD, profesor kedokteran dari University of Maryland Medical Center, kondisi osteoartritis tulang belakang seorang pengemudi truk bisa semakin parah karena tugasnya sehari-hari.

Istirahat dan melakukan peregangan dipercaya dapat membantu Anda bekerja lebih baik.

3. Konsumsi lemak sehat

Menurut  Bonita S. Libman, MD, Associate Professor of Rheumatology and Clinical Immunology di University of Vermont, asam lemak omega-3 dapat berperan untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi.

Anda memerlukan dosis harian yang cukup tinggi (2.000 sampai 3.000 miligram) untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi. Lemak sehat yang alami ini bisa Anda dapatkan dari salmon.

4. Usahakan jangan terjatuh

Seiring bertambahnya usia, Anda harus mencegah segala aktivitas yang berisiko membuat Anda terjatuh. Jika Anda sudah menderita radang sendi, maka rasa nyeri ini bisa membuat badan Anda mudah goyah dan berisiko membuat Anda jatuh. Jika ini terjadi, rasa sakit akan semakin menjadi dan membuat kerusakan baru pada sendi.

5. Tidur yang cukup

Studi menunjukkan bahwa kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami beragam rasa sakit, termasuk nyeri sendi. Sayangnya, bagi penderita artritis, tidur merupakan tantangan, karena rasa sakit sendi dapat membangunkannya dari tidur. Meskipun demikian, jika Anda menderita nyeri sendi, usahakan untuk tetap bisa tidur dengan berkualitas.

6. Hindari stres

Jika Anda sedang mengalami sakit lutut atau nyeri sendi, stres bisa membuat rasa sakit di persendian Anda semakin parah. Banyak orang dengan nyeri sendi merasakan sakit yang lebih dalam akibat otot yang tegang.

Tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan semua stres yang datang. Meditasi, pijat dan akupuntur adalah pilihan yang baik untuk mengusir stres.

Jangan lupa bahwa kalsium dan vitamin D juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sendi serta menghindarkan Anda dari nyeri sendi. Asupan makanan yang kaya mineral sangat penting untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kokoh, sekaligus menurunkan risiko osteoporosis. Namun jika gangguan nyeri sendi masih Anda rasakan, segera berkonsultasilah ke dokter.

[NP/ RVS]

kalsiumOsteoartritisNyeri SendiSendi

Konsultasi Dokter Terkait