Sukses

Kuku Mudah Patah, Apa yang Salah?

Jangan anggap sepele kondisi kuku mudah patah. Ketahui penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Lewat kuku, Anda bisa mengetahui tentang apa yang sedang terjadi pada tubuh. Karena itu, sebaiknya Anda tidak menganggap sepele kejadian kuku mudah patah.

Berikut adalah kondisi yang menjadi cikal bakal kuku mudah patah:

1. Kekurangan vitamin dan mineral

Menurut dr. Christa M. Tomc dari Westlake Dermatology, kuku yang mudah patah, lemah, dan rapuh bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi, vitamin B, C, D, atau E. Untuk mengatasi ini, Tomc menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral setiap hari.

2. Kekurangan protein

Kurangnya asupan protein dalam tubuh, menurut dr. Christa M. Tomc, juga bisa menyebabkan kuku mudah patah. Ini karena protein berperan dalam menjaga kesehatan kuku Anda.

Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

3. Dehidrasi

Selain menyebabkan kliyengan, dehidrasi juga merupakan faktor utama penyebab kuku mudah patah. Untuk mencegah hal ini, Anda disarankan untuk minum air sebanyak 8-9 gelas setiap hari.

4. Kurang pelembap

Kuku tidak hanya membutuhkan kelembapan dari dalam, tetapi juga dari luar. Jadi, agar kuku Anda tidak mudah patah, oleskanlah pelembap secukupnya di permukaan tangan termasuk tepi kuku, terutama seusai mencuci tangan.

5. Terlalu banyak terpapar air

Menurut CND Education Ambassador, Kristina Saindon, jika tangan Anda sering bersentuhan dengan air, kuku akan menjadi lebih mudah patah.

6. Terlalu lama menggunakan cat kuku

Cat kuku yang digunakan lebih dari 5 hari dapat menghambat laju ‘pernapasan’ kuku. Pada akhirnya kondisi ini akan menyebabkan kuku mudah patah, rapuh atau bahkan rusak.

Sebenarnya, penyebab kuku mudah patah tidak terbatas pada 6 kondisi di atas saja. Maka dari itu, jika Anda kerap mengalami kuku mudah patah, berubah warna atau bentuk, sebaiknya segera kunjungi dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar