Sukses

Benarkah Berkeringat Bisa Bakar Lebih Banyak Kalori?

Berkeringat dipercaya mampu membakar kalori lebih banyak. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang sering menghubungkan keringat yang mengucur deras dengan banyaknya kalori yang terbakar. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang ingin mencoba menurunkan berat badannya dengan berkeringat.

Saat Anda melakukan aktivitas yang membuat jantung memompa lebih kencang, suhu tubuh mulai memanas. Berkeringat merupakan reaksi dari tubuh terhadap kenaikan suhu dengan melepaskan panas melalui pori-pori dalam bentuk kelembapan.

Menurut Brenda Watson lewat bukunya yang berjudul ‘The Fiber 35 Diet’ menulis, bahwa tindakan berkeringat terpisah dari aktivitas yang menyebabkan berkeringat. Meski keringat berkontribusi pada terbakarnya kalori, namun ia mengungkapkan bahwa jumlah kalori yang terbakar sangatlah kecil.

Ketika tubuh berkeringat, maka tubuh akan kehilangan sejumlah berat badan. Namun semua itu hanyalah berat air. Saat Anda minum air putih setelah latihan, seketika tubuh akan menyerapnya seperti spons kering sehingga berat badan pun kembali normal.

Sementara itu, sebuah studi menemukan bahwa dengan mengikuti kelas yoga selama 90 menit, seorang wanita dapat membakar 330 kalori. Sedangkan pria bisa membakar 460 kalori. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi, sekitar 3.500 kalori, atau sama dengan 450 gram lemak.

Cara terbaik untuk mencapai berat badan yang sehat adalah dengan menerapkan gaya hidup aktif dan mengonsumsi makanan yang sehat. Anda juga bisa membakar kalori tanpa berkeringat. Misalnya, ketika berenang atau berolahraga saat musim dingin.

Selain itu, seberapa banyak Anda berkeringat, tergantung pada beberapa hal lain di luar tubuh Anda. Mengenakan pakaian berbahan sintetis saat berolahraga hanya akan menjebak panas dalam tubuh, yang akan membuat Anda lebih cepat kegerahan dan berkeringat.

Berkeringat bukanlah tolak ukur ideal untuk menentukan seberapa banyak kalori yang terbakar. Semua itu hanyalah sebuah proses pendinginan yang dilakukan oleh tubuh untuk menjaga suhu tetap normal.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar