Sukses

5 Cara Ampuh Atasi Mata Merah

Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan mata merah.

Klikdokter.com, Jakarta Mata merah dapat disebabkan karena alergi konjungtivitas, demam, uveitis, mata kering, luka, atau penggunaan lensa kontak. Jika diabaikan, kondisi tersebut dapat membuat penampilan terlihat tidak menarik.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata merah:

1. Jangan menggosok saat gatal

Anda mungkin tergoda untuk menggosok mata saat gatal. Jika hal ini Anda lakukan maka akan semakin memperburuk kondisi mata, bahkan dampak terburuknya aktivitas ini bisa merusak mata Anda.

2. Menghindari alergi

Pada kasus alergi, mata merah bisa terjadi akibat partikel-partikel kecil yang mengenai mata. Alergi umum biasanya terjadi karena bulu binatang. Masuklah ke ruangan AC untuk membantu menghilangkan alergi yang disebabkan oleh udara.

3. Sering berkedip

Karena terlalu konsentrasi terhadap suatu hal (seperti menatap televisi atau layar komputer), hal ini bisa membuat mata Anda tidak berkedip dalam jangka waktu yang lama.

Lupa atau jarang berkedip dapat menyebabkan mata kering, sehingga bisa membuat mata Anda merah. Cobalah untuk berkedip sesering mungkin dan pastikan mata Anda untuk tetap ‘basah’.

4. Terus terhidrasi

Jika Anda mengalami dehidrasi, mungkin Anda tidak akan menghasilkan banyak air mata. Ini berarti berkedip pun tidak cukup untuk melembapkan mata.

Jika Anda berada di lingkungan yang kering, Anda harus memastikan untuk minum banyak air untuk memastikan tubuh terus menghasilkan air mata dan cairan lainnya untuk mencegah mata kering.

5. Tidur yang cukup

Mata merah bisa terjadi akibat kelelahan. Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata panda (kantung mata hitam).Oleh karena itu, Anda harus tidur yang cukup.

Untuk mengatasi mata merah, penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah selalu sediakan obat tetes mata. Namun, bila hal tersebut tidak berhasil mengatasi masalah pada mata Anda,  segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar