Sukses

Penyebab Trisomi 13, Penyakit yang Diderita Adam Fabumi

Kelainan genetik trisomi 13 merenggut nyawa bayi lucu, Adam Fabumi. Apa penyebab kondisi langka ini?

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kelainan genetik trisomi 13 seakan mengguncang jagat maya. Ini karena penyakit langka tersebut baru saja merenggut nyawa Adam Fabumi, Rabu (22/11/17).

Trisomi 13 atau lebih dikenal dengan patau sindrom merupakan penyakit yang menyebabkan kelainan pada kromosom saat pembentukan janin, sehingga menyebabkan kelainan pada beberapa anggota tubuh bayi. Saraf otak, tulang belakang, dan jantung merupakan kelainan yang paling sering ditemukan.

Trisomi 13 atau lebih dikenal dengan patau sindrom merupakan penyakit yang menyebabkan kelainan pada kromosom saat pembentukan janin sehingga berdampak pada pertumbuhan yang tidak sempurna di beberapa anggota tubuh bayi.

Sebagian besar bayi yang terjangkit trisomi 13 diperkirakan tidak dapat melewati usia 7 hari. Andaipun bisa, sekitar 82% bayi akan meninggal dalam usia 1 bulan, dan sekitar 95% bayi meninggal dalam usia 6 bulan.

Penyebab Trisomi 13

Banyak penelitian yang terus berusaha mencari tahu penyebab utama trisomi 13. Namun hingga saat ini, para peneliti masih menemukan kendala akan hal tersebut. Dengan kata lain, penyebab trisomi 13 masih belum diketahui secara pasti.

Para pakar menyebutkan, beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan keadaan langka tersebut adalah:

  1. Genetik

Riwayat kelahiran dalam keluarga dengan kelainan genetik dapat meningkatkan risiko kejadian yang sama.

  1. Usia saat hamil

Wanita hamil yang berusia di atas 35 tahun berisiko mengalami kelainan genetik. Semakin tua usia seseorang saat hamil, semakin tinggi risiko terjadinya hal tersebut.

Mengingat trisomi 13 – seperti yang dialami Adam Fabumi – adalah kondisi yang sangat berbahaya, setiap ibu hamil dianjurkan untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan diri dan kandungannya. Hal ini dilakukan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar