Sukses

Terlihat Sehat, Ternyata Sushi Bisa Merusak Diet

Hidangan sushi cukup populer di kalangan mereka yang menjalani diet. Namun, seberapa sehatkah makanan ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sushi seringkali dianggap sebagai pilihan makanan yang sehat dan cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet. Namun, benarkah sushi makanan yang sehat? Jawabannya: tergantung.

Sushi adalah makanan dengan kandungan yang cukup bervariasi, mulai dari nasi, ikan, dan berbagai hidangan laut lainnya. Bahkan ada pula jenis sushi yang diberi tambahan beberapa jenis sayuran atau buah, seperti lobak, paprika, timun atau alpukat.

Namun terkadang, beberapa jenis sushi disajikan dengan gaya fussion, dengan penambahan bahan (misalnya mayones) dan dimasak dengan menggoreng (deep fried). Jadi, sushi yang biasanya merupakan hidangan sehat, bisa menjadi  makanan yang justru mengancam kesehatan.

Berbagai kandungan sushi

Sushi dapat menjadi makanan yang sehat, atau justru tidak sehat, tergantung dari komposisi dan pengolahannya. Apabila sushi yang Anda makan mengandung ikan salmon atau tuna, maka makanan ini dapat menjadi lebih sehat. Salmon banyak mengandung protein dan omega-3 yang baik bagi kesehatan.

Sedangkan, jika sushi yang Anda makan adalah jenis sushi dengan kandungan udang yang digoreng, tentu kandungan nutrisinya tidak sebaik ikan salmon yang hanya dipanggang. Jadi, kandungan sushi berperan penting dalam menentukan manfaat kesehatan sushi tersebut.

Cara memasak sushi juga salah satu komponen yang menentukan sehat atau tidaknya sushi. Dengan semakin maraknya jenis sushi yang ada, maka cara mengolahnya pun berbeda-beda. Ada jenis sushi yang hanya disajikan mentah, sampai ada juga yang digoreng.

Apabila sushi dimasak dengan cara digoreng, tentunya kandungan lemak yang ada di dalamnya akan tersaturasi dan membuat sushi menjadi pilihan yang tidak sehat.

1 dari 2 halaman

Memilih sushi yang sehat

Sebagai penggemar sushi, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat tetap makan sushi, namun pilihlah sushi dengan kandungan yang sehat. Bagaimana cara memilih sushi yang sehat?

  • Perhatikan kandungannya. Cek komposisi sushi yang Anda makan. Pilihlah sushi dengan kandungan ikan salmon atau tuna yang kaya protein dan omega-3. Perhatikan juga kandungan bumbu yang terdapat di dalam sushi, termasuk kandungan garam dan lemaknya.
  • Perhatikan cara memasaknya. Sushi dengan penyajian segar tanpa diproses merupakan pilihan yang lebih baik. Hindari sushi dengan cara masak digoreng (deep fried).
  • Perhatikan jumlah sushi yang Anda makan. Walaupun sushi disajikan dalam ukuran yang kecil, namun jika Anda makan dalam jumlah yang banyak, maka jumlah kalorinya juga dapat menjadi tinggi.

Bagi Anda penikmat sushi, atau mungkin sedang menjalani diet, kini Anda telah mengetahui, bagaimana memilih sushi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, Anda juga semakin paham bagaimana menikmati sushi dengan cara yang sehat.

Pemilihan bahan dan pengolahan yang tepat akan membuat sushi menjadi hidangan yang tepat untuk diet. Karena bagaimanapun juga, makanan sehat jika diolah dengan cara yang salah, tentu akan merugikan kesehatan jika dikonsumsi.  

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar