Sukses

Inilah Penyebab Bau Mulut Saat Bangun di Pagi Hari

Anda sering mengalami bau mulut saat bangun di pagi hari? Ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Bau mulut secara umum dapat terjadi baik permanen atau sementara. Akan tetapi, bau mulut saat bangun di pagi hari pasti terjadi pada semua orang.  Kenapa kondisi ini bisa terjadi?

Penyebab utama bau mulut di pagi hari adalah adanya bakteri alami yang ada di mulut. Dalam kondisi normal, air liur di dalam mulut – saat mulut bergerak, berbicara dan mengunyah – dapat membersihkan sisa makanan dan mencegah bakteri berkembang.

Namun, produksi air liur akan menyusut saat Anda tidur, yang pada akhirnya menyebabkan mulut kering dan menurunkan kadar oksigen di dalam mulut.

Seperti dikutip dari livestrong.com, bakteri anaerob, yaitu bakteri yang hidup jika tidak ada oksigen, tumbuh subur di mulut yang kering. Bakteri ini mencerna protein yang tertinggal di mulut dari sisa makanan yang terjepit di antara gigi.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Dental Research, protein dari sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut bisa menciptakan gas belerang yang menyebabkan bau mulut.

Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa mendengkur dapat meningkatkan kekeringan mulut yang pada akhirnya membuat mulut menjadi bau. Jadi, semakin kering mulut Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami aroma napas yang buruk saat bangun di pagi hari.  

 

1 dari 2 halaman

Tak perlu khawatir terhadap bau mulut di pagi hari

Menurut dr. Natour, seorang prosthodontist yang berbasis di Manhattan, bau mulut pada pagi hari adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, pada beberapa situasi, bau mulut yang luar biasa mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Seringkali kondisi ini menjadi pertanda adanya penyakit gusi. Sementara itu, pada kasus lain, bau mulut juga bisa mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau gastrointestinal.

Nah, agar bau mulut dan napas pagi Anda tidak berbau menyengat, sikatlah gigi dengan benar sebelum tidur, karena sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dapat membuat bakteri berkembang biak.

Dengan menyikat gigi, maka plak dan sisa-sisa bahan makanan yang mengandung bakteri anaerob dapat dihilangkan. Selain itu, alkohol dan obat tertentu dapat menyebabkan kekeringan mulut yang otomatis akan memperburuk napas pagi Anda.

Perlu Anda ketahui, pembusukan gigi dan penyakit gusi lebih sering terjadi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Agar napas Anda tidak bau, mulai sekarang jagalah kebersihan mulut dan gigi Anda sepanjang hari.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar