HomeInfo SehatKesehatan Umum4 Cara Cepat dan Mudah Atasi Bintitan
Kesehatan Umum

4 Cara Cepat dan Mudah Atasi Bintitan

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 22 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bintitan pada mata mengganggu penampilan Anda? Ini cara cepat dan mudah untuk mengatasinya.

4 Cara Cepat dan Mudah Atasi Bintitan

Bintitan merupakan benjolan kemerahan di kelopak mata, yang kerap muncul secara mendadak. Meski hanya sebuah benjolan kecil, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan hingga mengganggu penampilan.

Bintitan atau secara medis disebut hordeolum terjadi akibat penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Keadaan ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun peradangan kronis yang terjadi di tepi kelopak mata.

Jika Anda sedang mengalami bintitan, jangan khawatir, berikut ini adalah cara cepat dan mudah untuk mengatasinya:

  1. Kompres air hangat

Seperti disebutkan di atas, bintitan disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Maka untuk mengatasinya, Anda perlu ‘membuka’ sumbatan tersebut.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengompres benjolan akibat bintitan dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Lakukan tindakan ini sebanyak 4 kali sehari, dengan durasi 10 menit setiap kalinya.

  1. Salep antibiotik

Untuk mengatasi peradangan yang terjadi, salep antibiotik penting untuk diberikan. Pemberian salep ini harus dilakukan atas petunjuk dan resep dari dokter. Oleh karena itu, jangan menunda-nunda berkonsultasi dengan dokter bila Anda mengalami bintitan.

  1. Cuci tangan sebelum menyentuh daerah mata

Tangan yang tidak bersih dapat memperberat kondisi bintitan. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan untuk tidak menyentuh area mata yang sedang bintitan. Kalaupun perlu, misalnya saat akan mengompres atau mengoleskan obat, cuci tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

  1. Jangan memencet benjolan

Bintitan dapat mengeluarkan nanah. Sekalipun Anda melihat adanya nanah berupa titik putih di tengah benjolan, jangan melakukan usaha untuk mengeluarkannya.  Alih-alih menyembuhkan, tindakan ini justru bisa memperberat peradangan yang terjadi.

Dengan melakukan keempat tindakan di atas, bintitan akan dapat teratasi dalam waktu 1 minggu. Namun bila setelah waktu tersebut keluhan tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NB/ RVS]

MataHordeolumBintitan

Konsultasi Dokter Terkait