Sukses

Amankah Diet Keto untuk Penderita Diabetes?

Diet keto makin diminati oleh banyak orang. Tapi, apakah diet ini aman untuk penderita diabetes?

Klikdokter.com, Jakarta Diet keto masih menjadi buah bibir di mana-mana. Jenis diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini dinilai memiliki banyak manfaat. Tapi, apakah diet keto dapat dijalankan oleh penderita diabetes?

Ada beberapa penelitian yang telah mengkaji hubungan antara diabetes dan diet keto. Salah satunya pernah diterbitkan di jurnal Nutrition (2012).

Para ahli menelaah 363 partisipan yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas (102 di antaranya mengidap diabetes tipe 2) selama 24 minggu. Beberapa parameter yang coba ditelisik adalah berat badan, kadar gula darah, kolesterol, dan sebagainya. Selain itu, mereka diminta untuk memilih antara diet keto rendah karbohidrat atau diet rendah kalori.

Hasilnya, kedua jenis diet tersebut sama-sama memberikan efek yang menguntungkan pada semua parameter. Namun, perubahan ini lebih signifikan pada partisipan yang memilih diet keto dibandingkan mereka yang menjalani diet rendah kalori.  

Hal senada juga disampaikan oleh dr. Farid Kurniawan dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM. “Pada pasien diabetes maupun nondiabetes, saat melakukan diet ketogenik, gula darah biasanya membaik. Walaupun begitu, belum ada penelitian skala besar mengenai ini, butuh penelitian skala besar yang terkontrol dengan baik untuk melihat efek jangka panjangnya,” katanya saat ditemui di Jakarta.

Meski demikian, diet keto masih mengundang banyak perdebatan. Beberapa peneliti menganggap diet ini baik untuk dijalani, tapi ada pula yang sama sekali tidak menyarankan. Lalu, bagaimanakah pola makan yang baik untuk penderita diabetes?

The American Diabetes Association mengatakan bahwa batas aman konsumsi karbohidrat untuk penderita diabetes adalah 45 dan 60 gram setiap kali makan. Hal ini akan membuat kadar gula darah tetap stabil.

Pemilihan jenis karbohidrat juga perlu diperhatikan. Cobalah fokus pada karbohidrat kompleks, seperti nasi merah (ketimbang nasi putih), gandum utuh, biji-bijian, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jika Anda penderita diabetes, berkonsultasilah terlebih dulu kepada dokter sebelum menjalani diet keto. Jangan sampai diet ini malah memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan Anda.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar