Sukses

Punya Binatang Peliharaan Bikin Tubuh Lebih Sehat?

Banyak yang bilang, punya binatang peliharaan bikin tubuh lebih sehat. Apa iya?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang beranggapan bahwa punya binatang peliharaan itu merepotkan. Meskipun demikian, ada banyak pula pendapat yang mengatakan bahwa kegemaran  ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Apa iya?

American Heart Association (AHA) menganalisis kesehatan jantung orang yang memiliki binatang peliharaan di rumahnya. Hasilnya mengejutkan, para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang memelihara binatang di rumah ternyata memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Menurut dr. Glenn Levine, seorang profesor dari Baylor College of Medicine, hal itu karena binatang peliharaan dapat membantu pemiliknya untuk lebih aktif secara fisik. Hal ini nantinya dapat mengurangi tekanan darah dan efek dari stres.

Namun itu bukan efek pasti. Ini karena Levine menyebutkan, orang yang memiliki hewan peliharaan tetap memiliki risiko penyakit jantung jika mereka hanya duduk-duduk di sofa, merokok, makan tidak sehat, dan tidak mengontrol tekanan darah.

Di sisi lain, penelitian yang dilakukan terhadap 3,4 juta orang Swedia mendapatkan hasil bahwa pemilik anjing memiliki tingkat kematian (akibat serangan jantung dan stroke) yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Ini karena hewan peliharaan tersebut dipercaya memberi manfaat bagi kesehatan mental, karena mampu mengatasi kesepian dan mengurangi stres.

Tidak dimungkiri, memiliki binatang peliharaan memang dapat mendatangkan manfaat sehat. Namun untuk itu, Anda harus memastikan bahwa binatang tersebut terawat dengan baik dan benar. Jadi, binatang apa yang hendak Anda pelihara?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar