Sukses

Pertahankan Semangat Kerja dengan 5 Kiat Ini

Jangan biarkan performa Anda menurun. Pertahankan semangat kerja dengan 5 kiat ini!

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasa jenuh dengan pekerjaan yang dilakoni setiap hari. Tentu, sebagai manusia hal ini wajar terjadi. Akan tetapi, jika rasa jenuh ini tidak segera diatasi, performa dan semangat kerja bisa menurun drastis.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak kembali mood kerja Anda. Meskipun demikian, terkadang cara yang ditempuh tidak cukup untuk bisa membuat Anda kembali bersemangat. Anda tentu tidak ingin terus mengalami hal ini, bukan?

Tenang, tidak perlu khawatir. Mengutip fastcompany.com, berikut 5 kiat yang bisa Anda coba untuk meningkatkan semangat kerja:

  • Bangun perspektif baru

Menurut Steve Gordon dari RDQLUS Creative Arts and Marketing, saat Anda dihadapkan pada rasa bosan saat bekerja, cobalah untuk mulai melakukan aktivitas lain seperti membaca atau menonton film kesukaan. Hindari pekerjaan Anda untuk beberapa saat.

Selain itu, cobalah untuk menempatkan diri Anda sebagai orang lain. Bayangkan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan memengaruhi hajat hidup orang banyak. Membangun perspektif baru dapat memicu semangat kerja, bahkan bisa membuat Anda berpikir lebih kreatif.

  • Lihat dunia di luar diri

John Jamilkowski, direktur kreatif di jaringan kabel TNT, mengatakan, ketika dirinya merasa bosan dengan sebuah pekerjaan, dia akan berlatih ke hal-hal yang tidak terkait dengan pekerjaannya.

Sementara itu, Julie Klappas, direktur eksekutif kreatif di Clementine Entertainment, mengungkapkan, dirinya menggunakan media sosial untuk meningkatkan semangat dan kreativitas dalam bekerja.

“Kadang saya melihat Instagram dari orang kreatif yang saya kagumi. Melihat pilihan kreatif orang lain bisa mengilhami saya untuk memaksimalkan pekerjaan yang awalnya terasa membosankan,” katanya.

  • Tertawa

Merasa bosan, frustasi, atau terjebak di tempat kerja memang tidak menyenangkan. Jadi cobalah untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda tertawa.

“Saya akan menekan tombol jeda pada proyek yang membosankan selama beberapa menit, dan menonton beberapa film klasik di youtube,” kata Klappas. Sesuatu yang membuat tertawa, dapat membantu Anda menyingkirkan kebosanan.

  • Berjalan-jalan

Ketika Anda menemukan hambatan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, cobalah berjalan-jalan ke ruangan lain untuk mencari inspirasi atau suasana baru.  Perubahan sederhana ini terkadang bisa ‘menyalakan’ kembali sel otak, hingga akhirnya meningkatkan semangat dan kreativitas dalam bekerja.

  • Ubah sudut pandang

Tom Kelley dari perusahaan desain produk industri IDEO mempunyai cara unik saat menghadapi kebosanan saat bekerja. Kelley membalikkan istilah déjà vu dengan vuja de.

Itu adalah tindakan untuk melihat sesuatu yang telah Anda lihat sebelumnya, namun melihatnya dengan cara yang baru. Cobalah untuk melihat sebuah pekerjaan seolah-olah Anda adalah sutradara film yang sedang merancang sesuatu. Dengan begitu, hal ini akan memberi perspektif baru dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa Anda coba untuk mempertahankan semangat kerja. Jangan biarkan rasa bosan menurunkan performa, apalagi sampai membuat atasan Anda murka. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

3 Komentar