Sukses

Hindari Kebiasaan Ini agar Bebas Batu Ginjal

Kebiasaan yang kerap Anda lakukan, tanpa disadari bisa menyebabkan batu ginjal.

Klikdokter.com, Jakarta Meskipun kecil dan kadang hanya berupa pasir, batu ginjal dapat menimbulkan nyeri ketika ia bergerak dari ginjal dan turun menuju saluran pembuangan urine.

Menurut Riskesdas 2013, sekitar 1% masyarakat Indonesia menderita batu ginjal. Sedangkan di Amerika, jumlah penderita batu ginjal jauh lebih tinggi, yaitu 12%.

Berdasarkan penelitian, sekali Anda mengalami penyakit batu ginjal, maka ada 50% kemungkinan batu ginjal tersebut akan kembali menyerang Anda dalam 10 tahun.

Karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan yang kerap tanpa disadari dapat memicu batu ginjal di antaranya:

  • Kurang minum

Banyak minum akan membuat urine Anda tidak kental dan dapat melarutkan garam yang berpotensi membentuk batu ginjal, sehingga menurunkan risiko terjadinya batu ginjal. Sebaliknya, kurang minum akan membuat Anda berisiko mengalami batu ginjal.

Karena itu, pastikan Anda cukup minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Anda juga dapat memeriksa apakah Anda sudah cukup minum atau belum dengan memperhatikan warna urine Anda. Pastikan warna urine Anda adalah kuning tua atau kuning terang.

  • Sering mengonsumsi suplemen kalsium

Menurut penelitian, konsumsi suplemen kalsium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, konsumsilah makanan yang tinggi kalsium, seperti susu, yoghurt, keju, brokoli, dan  ikan teri.

  • Terlalu banyak konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit batu ginjal. Vitamin C memang baik untuk kesehatan dan Anda boleh saja mengonsumsi suplemen vitamin C, namun dalam batas yang wajar (kurang lebih 500 mg sehari).

  • Gemar menyantap makanan asin

Makan makanan asin dapat meningkatkan kadar sodium di dalam urine serta dapat menghambat penyerapan kalsium kembali ke dalam tubuh. Oleh karena itu, kalsium akan menumpuk di dalam urine dan dapat menyebabkan terbentuknya batu kalsium pada saluran kemih.

Kuncinya, hindari makanan yang mengandung tinggi garam, seperti kripik, makanan kaleng, makanan yang diproses (sosis, ham, bacon), kecap asin, serta makanan yang mengandung pengawet dan MSG.

  • Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi oksalat

Untuk menghindari terbentuknya batu ginjal jenis oksalat, kurangilah konsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan tinggi oksalat. Makanan tersebut antara lain adalah bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, tahu, cokelat, dan kopi.

  • Sering makan daging

Terlalu banyak konsumsi daging dapat membuat urine menjadi asam, sehingga memudahkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat dan oksalat.

Anda boleh saja mengonsumsi daging, namun dalam batas yang wajar. Anda bisa mendapatkan protein dari sumber lain, seperti telur, tahu, tempe, dan susu.

Ternyata ada banyak kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat memicu muculnya penyakit batu ginjal. Oleh sebab itu, mulai saat ini, hindari kebiasaan tersebut dan jalankan pola hidup sehat.

[DA/ RVS]

1 Komentar