Kesehatan Umum

Es Kopi dan Kopi Panas, Mana yang Lebih Sehat?

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 24 Agt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda pencinta kopi panas atau kopi dingin? Dua minuman ini memiliki manfaat sehatnya masing-masing, lho. Simak penjelasannya di sini.

Es Kopi dan Kopi Panas, Mana yang Lebih Sehat?

Jenis kopi yang diminati tiap orang berbeda-beda. Sebagian menyukai kopi hitam, lalu sebagian lainnya menggemari kopi susu. Selain itu, proporsi individu yang menyukai kopi panas juga hampir sama dengan yang menyukai es kopi.

Tapi, adakah perbedaan manfaat antara es kopi dan kopi panas bagi kesehatan? Bagaimana cara minum kopi yang sehat?

 

Kandungan dan Manfaat Kopi

Sebelum memahami tentang es kopi dan kopi panas, yuk ketahui berbagai kandungan serta manfaat kopi terlebih dahulu:

  • Menambah Energi

Kopi mengandung kafein yang merupakan golongan stimulan. Itulah sebabnya, minum kopi dapat membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi.

  • Membantu Membakar Lemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme sampai 3-11 persen.

  • Meningkatkan Mood dan Mencegah Depresi

Dalam sebuah studi, wanita yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

  • Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Menurut studi yang dikumpulkan dari 18 penelitian yang melibatkan 457.922 orang, minum satu cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 7 persen. Kopi yang dianjurkan adalah kopi hitam tanpa gula.

  • Sumber Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada kopi dapat lebih tinggi daripada sayur dan buah-buahan. Satu cangkir kopi mengandung vitamin A, B, C, dan mineral seperti kalium.

Artikel lainnya: Inilah Segudang Manfaat Kopi untuk Rambut Sehat

Lebih Sehat Mana, Es Kopi atau Kopi Panas?

Sebenarnya, es kopi memiliki manfaat nutrisi yang sama dengan kopi hangat, karena menambahkan es pada kopi tidak mengubah komponen bioaktif pada minuman tersebut.

Meski demikian, salah satu jenis es kopi yang dinamakan cold brew dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang melebihi kopi panas dan es kopi lainnya.

Kopi cold brew disiapkan dengan cara merendam biji kopi yang telah diolah di air dingin selama sekitar satu hari. Kopi jenis ini dikenal memiliki kadar keasaman yang lebih rendah dari kopi lainnya. Artinya, kopi menjadi lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

Ini bermanfaat terutama bagi penggemar kopi yang sering mengalami keluhan nyeri ulu hati, atau bersendawa berlebihan setelah mengonsumsi secangkir kopi. Karena kadar keasamannya lebih rendah, sebagian orang menganggap bahwa kopi jenis ini lebih nikmat dibanding kopi lainnya.

Artikel lainnya: Ketahui, Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati Anda

Meskipun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kopi, Anda tetap harus mempertimbangkan cara minum kopi yang sehat.

Batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Sementara untuk wanita hamil hanya boleh mengonsumsi sebanyak 100-200 mg kafein, atau setara dengan 1-2 cangkir per hari.

Namun, terkadang efek minum kopi pada setiap orang bisa berbeda. Apabila Anda merasakan gejala seperti berdebar, pusing, dan mual, kemungkinan tubuh Anda sensitif dengan kopi. Hentikan mengonsumsi kopi atau kurangi dosis kopi harian.

Lebih lanjut, hindarilah minum kopi dengan menambahkan banyak gula. Anda tentu sudah tahu bahaya mengonsumsi gula secara berlebihan.

Sebaiknya Anda juga tidak minum kopi beberapa saat sebelum tidur. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat Anda sulit terlelap. Sementara bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, disarankan untuk tidak minum kopi saat perut kosong.

Sekarang, setelah Anda mengetahui beberapa tips tentang cara minum kopi yang sehat, pilihan kembali pada selera Anda. Apakah Anda akan memilih minum kopi panas atau es kopi? Dua-duanya memang sama nikmatnya!

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya atau menanyakan cara minum kopi yang sehat untuk kesehatan Anda? Tanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

kopi

Konsultasi Dokter Terkait