Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan MentalSering Stres? Waspadalah, Gawai Anda Penyebabnya
Kesehatan Mental

Sering Stres? Waspadalah, Gawai Anda Penyebabnya

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 20 Nov 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda bahwa pemakaian gawai yang tidak bijak bisa memicu timbulnya stres?

Sering Stres? Waspadalah, Gawai Anda Penyebabnya

Gawai atau handphone adalah alat yang tidak terpisahkan pada era digital saat ini. Sebab, berbagai fitur yang ada pada gawai membuatnya begitu menarik untuk digunakan. Namun, maraknya penggunaan gawai ternyata dapat berdampak negatif pada emosional penggunanya, hingga menyebabkan stres.

Lalu bagaimana gawai bisa menjadi penyebab stres?

Gawai dan Stres

Penggunaan gawai sangatlah lazim saat ini. Namun, Anda patut berhati-hati, karena penggunaan gawai yang tidak tepat berpotensi menimbulkan berbagai gangguan, salah satunya terkait emosi Anda.

Penggunaan gawai berhubungan dengan berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri telinga dan gangguan konsentrasi. Hal ini diduga terkait paparan gelombang elektromagnetik. Namun, penggunaan gawai juga dapat menyebabkan gangguan emosi.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan di Swedia, terdapat hubungan antara frekuensi penggunaan gawai dengan stres, gangguan tidur dan terjadinya depresi. Penelitian lain juga menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan gawai dengan stres.

Pada penelitian yang dilakukan pada sejumlah orang pengguna gawai, semakin kuat seseorang tergantung pada gawai, semakin kuat pula kadar stres yang dialami.

Penggunaan gawai juga berdampak pada kehidupan sosial seorang. Remaja dapat menghabiskan 2 jam 40 menit menatap ke layar gawainya setiap hari. Jumlah waktu ini setara dengan 40 hari selama setahun.

Pada penelitian ini bahkan menunjukkan adanya keterikatan remaja pada gawai, layaknya ketergantungan mereka pada orang tua. Tentunya hal ini merupakan temuan yang sangat mengkhawatirkan.

 

Penggunaan gawai yang bijak

Gawai merupakan temuan teknologi yang perlu dimanfaatkan dengan bijaksana. Bagaimana cara menggunakan gawai agar tidak mengganggu kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Batasilah penggunaan gawai untuk keperluan pekerjaan. Hindari melihat gawai Anda saat berkumpul dengan orang-orang terdekat. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya saat Anda bersama keluarga. Hindari juga kebiasaan penggunaan gawai sebelum tidur. Sebaiknya, letakkan gawai Anda jauh dari tempat tidur.

Gawai memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun penggunaannya yang tidak bijak dapat menimbulkan beragam dampak buruk bagi kesehatan Anda, termasuk stres. Jadi, gunakanlah gawai Anda dengan bijak, ya!

[NP/ RVS]

handphoneEmosiStresgawai

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter