Sukses

Benarkah Sakit Gigi Pengaruhi Kecerdasan Anak?

Sakit gigi ternyata bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Semua anak pasti pernah mengalami sakit gigi, baik sakit gigi alamiah akibat pergantian gigi, akibat infeksi gigi berlubang maupun akibat benturan atau trauma. Tapi tahukah Anda bahwa jika sakit gigi terjadi pada anak, ternyata dapat memengaruhi kecerdasan otaknya?

Sebagian besar kasus sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. Kondisi ini biasanya dipicu oleh minuman dingin atau saat mengunyah makanan manis.

Sebuah penelitian yang dituangkan dalam British Dental Journal menunjukkan bahwa 85% anak usia sekolah London Borough of Harrow di Inggris mengalami sakit gigi dan membuatnya harus pergi ke dokter gigi. Sebanyak 14% anak usia 14 tahun mengalami gangguan dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Tak hanya itu, sekitar 73% anak-anak menjadi susah makan karena sakit gigi. 31% anak lainnya mengalami kesulitan tidur. Sedangkan 30% mengaku waktu bermainnya terganggu dan 11% anak bolos sekolah karena mengalami sakit gigi.

Terganggunya waktu sekolah anak sudah pasti bisa memengaruhi nilai dan kesuksesan anak dalam meraih prestasi di sekolahnya. Anak yang mengalami sakit atau tidak nyaman dalam mulutnya, menjadi sulit dalam menerima pelajaran yang diberikan.

Selain itu, anak pun jadi perlu untuk meminum obat untuk menghilangkan nyeri tersebut. Akibatnya nilai dan performa anak dalam kelas menjadi menurun sehingga anak menjadi kurang percaya diri.

 

1 dari 2 halaman

Perlunya memiliki pengetahuan mengenai kesehatan gigi

Agar kecerdasan anak Anda tidak terganggu akibat sakit gigi, semua pihak yang bertanggung atas kesehatan anak perlu memiliki pengetahuan mengenai kesehatan gigi. Orang tua, pengasuh anak – seperti nenek, asisten rumah tangga hingga baby sitter – termasuk anak sendiri harus tahu pentingnya menjaga kesehatan gigi anak.

Orang tua dan pengasuh anak sebagai pihak yang paling bisa berpengaruh pada kesehatan gigi anak, sudah seharusnya memberikan contoh perilaku kesehatan gigi yang baik.

Public Health, Ste. Genevieve County Health Department menyimpulkan bahwa anak dapat berperilaku baik dalam menjaga kesehatan giginya karena mencontoh dan belajar dari sosok yang ditiru. Orang tua sudah sepatutnya memberikan contoh kepada anak bagaimana merawat gigi dengan benar.

Nah, agar kecerdasan anak tidak menurun, karena sakit gigi, yuk, tunjukkan perilaku menjaga kesehatan gigi yang baik. Langkah pertama,  bisa dimulai dari Anda sendiri.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar