Sukses

Mana Lebih Aman, Kopi Arabika atau Robusta?

Meskipun lebih digemari karena rasanya, kopi arabika ternyata mengandung lebih banyak lemak dan gula dibanding kopi robusta.

Klikdokter.com, Jakarta Sebenarnya, terdapat lebih dari 100 jenis tanaman kopi di dunia. Namun, yang umum ditanam di perkebunan dan dijadikan komoditi perdagangan adalah kopi jenis arabika dan robusta.

Bagi Anda penikmat kopi, tentu sudah tidak asing dengan kedua jenis kopi tersebut. Sudah banyak yang membandingkan kedua jenis kopi ini berdasarkan karakter tanaman, biji kopi dan bahkan rasanya.

Namun tahukah Anda, jenis kopi mana yang lebih aman bagi kesehatan?

Dari segi perdagangan dan permintaan pasar, kopi arabika menguasai 75-80% produksi kopi di dunia. Hal ini dikarenakan rasa dari kopi arabika yang lebih halus dan tidak terlalu pahit, berbeda dengan kopi robusta yang identik dengan rasa pahit dan memiliki sensasi ‘hangus’.

Perbedaan rasa kedua jenis kopi ini, tak lain disebabkan oleh kandungan di dalamnya. Kopi mengandung kafein dan chlorgenic acid. Keduanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kafein dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh, serta bermanfaat untuk memori di otak. Sedangkan chlorgenic acid banyak diteliti manfaatnya untuk kesehatan, dengan salah satu temuannya adalah aktivitas antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Kopi jenis robusta memiliki kandungan kafein hingga dua kali dari kopi arabika, dan juga mengandung lebih banyak chlorgenic acid. Kadar kedua komponen ini pada kopi robusta cukup tinggi sehinggamenyebabkan rasa kopi menjadi lebih pahit, kasar, dan memiliki aftertaste yang lebih asam. Namun justru membuat kopi ini lebih sehat.

Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi robusta dibandingkan dengan kopi arabika, membuatnya lebih tahan terhadap penyakit dan hama tanaman. Namun,

dengan habitat tumbuh yang letaknya lebih rendah ketinggiannya dari kopi robusta, biaya perawatan kopi arabika juga lebih murah karena minim dalam penggunaan pembasmi hama.

Selain itu, kopi robusta juga memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih rendah daripada kopi arabika. Meskipun kandungan inilah yang menimbulkan aroma harum saat kopi diseduh, rendahnya kandungan lemak dan gula pada kopi robusta membuatnya menjadi lebih sehat bagi tubuh.

Secara keseluruhan, meskipun rasa kopi robusta tidak senikmat kopi arabika, kopi ini cenderung lebih aman, bahkan menyehatkan. Sebagai pecinta kopi, sekarang Anda bisa memilih kopi yang nikmat sekaligus sehat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar