Sukses

Mengolah Beras Merah untuk MPASI

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, menjadikan beras merah salah satu menu yang sangat dianjurkan untuk MPASI.

Klikdokter.com, Jakarta Saat memasuki usia 6 bulan seorang anak harus mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Nutrisi tambahan ini harus diberikan untuk melatih kemampuan otot-otot di mulut dan kemampuan motoriknya. Salah satu sumber makanan yang dianjurkan untuk diolah sebagai MPASI adalah beras merah.

Meski memiliki tekstur lebih kasar ketimbang beras putih, namun beras merah memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Beras merah kaya akan mineral penting seperti mangan, besi, seng, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan potassium. Kandungan vitamin dalam beras merah di antaranya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6, folat, vitamin E (alpha-tocopherol) dan vitamin K.

Beras merah juga sarat dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan beras merah ini dipercaya dapat mengatasi penyakit hipertensi, mengatur kadar kolesterol, stress serta depresi. Selain itu jenis beras yang ini dapat mengatasi masalah kulit serta menyehatkan sistem pencernaan, otak dan mengoptimalkan kerja sistem saraf.

Agar kandungannya tetap terjaga, dibutuhkan pengetahuan dalam mengolah beras merah. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini sebaiknya beras merah harus dicuci dengan bersih. Setelah itu, rendam selama kurang lebih satu jam sebelum dimasak.

“Jika perendaman selesai, pastikan air beras merah tidak Anda buang, karena banyak nutrisi penting di dalamnya agar beras merah cepat lunak, pastikan jumlah air yang digunakan untuk memasak beras merah agak lebih banyak,” katanya.

Setelah air yang digunakan untuk memasak beras merah mengering, segera kukus nasi setengah matang tersebut dengan alat kukus. Setelah matang, nasi dapat disajikan dalam bentuk pure atau dilembutkan.

Upayakan pemberian MPASI disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, kemampuan, serta kesiapan organ bayi untuk menerima makanan tambahan. Pemberian MPASI yang terlalu cepat atau lambat bisa memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan si Kecil. Selain itu, memperkenalkan satu jenis makanan terlebih dahulu baginya, berguna untuk mengetahui apakah ia memiliki alergi.

Beras merah memang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Namun pemberiannya sebagai MPASI kepada si Kecil perlu mengunggu kesiapannya. Atau konsultasikan lebih dulu kepada dokter untuk menentukan waktu terbaik.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar