HomeGaya hidupSehat dan BugarKiat Memilih Sikat Gigi yang Cocok untuk Anda
Sehat dan Bugar

Kiat Memilih Sikat Gigi yang Cocok untuk Anda

drg. Callista Argentina, 19 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kini varian gigi semakin banyak di pasaran. Namun, jenis sikat gigi mana yang bagus dan tidak membuat gigi ngilu?

Kiat Memilih Sikat Gigi yang Cocok untuk Anda

Salah satu kebiasaan sehari-hari yang akrab dari hidup manusia adalah menyikat gigi. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, ataupun memilih sikat gigi yang benar.

Apalagi dengan makin banyaknya varian sikat gigi di pasaran. Orang memang makin leluasa untuk memilih, tetapi juga makin bingung. Lalu, kriteria apa yang perlu diketahui agar sikat gigi Anda efektif dalam membersihkan gigi?

Tentunya desain sikat gigi yang digunakan harus sesuai dengan bentuk rahang dan gigi Anda. Untuk kepala sikat, pilihlah ukuran kecil dengan bentuk tidak melebar dan mengecil di ujung.

Ini penting agar mampu menjangkau ke bagian gigi yang sulit dijangkau, seperti gigi paling ujung belakang (gigi geraham bungsu).

Selain itu, tipe bulu sikat gigi juga harus diperhatikan. Pilih permukaan bulu sikat yang datar agar Anda mudah memosisikan bulu sikat pada perbatasan gusi dan gigi (saku gigi).

Anda juga perlu mencermati ujung bulu sikat gigi yang hendak dibeli. Usahakan untuk memilih ujung bulu sikat yang tipis dan halus (micro bristles) agar mampu membersihkan plak gigi yang menumpuk di saku gusi.

Setelah itu, Anda perlu mengetahui metode sikat gigi yang efektif. Lamanya waktu menyikat gigi yang dianjurkan adalah dua menit. Jadi tak perlu buru-buru saat menyikat gigi.

Simpanlah sikat gigi dalam keadaan berdiri (kepala sikat di atas) di ruang udara terbuka. Karena menyimpan sikat gigi di dalam container terbukti memicu tumbuhnya bakteri dan jamur.

Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Ingat, sikat gigi dengan bulu sikat yang sudah mekar akan membuat pelekatan gusi rusak. Akibatnya gigi Anda bisa mengalami ngilu. Semoga bermanfaat!

[RS/ RH]

Sikat GigiMemilih Sikat GigiGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait