Sukses

5 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Ingin mendapatkan asupan serat agar pencernaan lebih lancar? Ini lima makanan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi merupakan salah satu langkah sederhana untuk memulai hidup sehat. Sebab zat gizi tersebut bermanfaat baik bagi tubuh –mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Berikut lima pilihan makanan mengandung serat tinggi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk asupan sehari-hari:

1. Apel

Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Anda dapat mengonsumsi dua buah apel setiap hari, saat pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah ini bersama kulitnya, karena bagian tersebut merupakan sumber serat utamanya.

2. Brokoli

Semangkuk brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat. Sayuran hijau ini sangat baik untuk dikonsumsi mentah-mentah, direbus atau dikukus.

Namun, jika Anda hendak mengukus atau merebusnya, pastikan waktu yang digunakan tidak lebih dari 5 menit. Ini bertujuan agar kandungan yang ada di dalam brokoli tidak menghilang.

3. Edamame

Kacang yang sering Anda temui di restoran Jepang ini ternyata dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Dalam 100 gram edamame, atau setara dengan semangkuk edamame, mengandung 5 gram serat.

4. Roti gandum

Satu potong roti gandum mengandung sekitar 2,2 gram serat. Ini membuat roti gandum lebih baik daripada roti putih (tawar) pada umumnya.

5. Pir

Seperti apel, buah pir juga banyak mengandung serat. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat, yang sangat baik bagi kesehatan Anda.

Meski asupan yang mengandung serat seperti di atas sangat baik bagi kesehatan, Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Rekomendasi asupan serat untuk wanita adalah 25 gram per hari, sedangkan untuk pria 38 gram  per hari.

Jadi, di antara pilihan makanan yang mengandung serat tinggi di atas, mana yang jadi favorit Anda? Jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam menu harian, agar manfaat sehatnya dapat segera Anda rasakan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar