Sukses

Turunkan Berat Badan dengan Konsumsi Serat

Tahukah Anda, serat merupakan salah satu zat gizi yang efektif dalam membantu menurunkan berat badan?

Klikdokter.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang susah-susah gampang. Buktinya, banyak yang mengeluh berat badan tidak kunjung turun meski sudah berolahraga secara rutin dan teratur. Anda salah satunya?

Jika ya, coba periksa lagi konsumsi makanan Anda. Apakah Anda memasukkan serat ke dalam menu sehari-hari?

Faktanya, serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama.

Hal ini pada akhirnya akan membuat nafsu makan Anda menurun. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh pun berkurang secara signifikan.

Tak hanya sampai di situ. Serat juga dapat merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Namun, meski baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, Anda tetap herus membatasi jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 30 gram per hari.

Dari mana Anda bisa mendapatkan serat? Serat bisa Anda temukan pada apel, roti gandum, edamame, pir, brokoli, kacang almon, jagung, alpukat, nasi merah, dan jagung.

Jika tidak terlalu menyukai pilihan makanan di atas, Anda bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Namun tentu saja, suplemen ini hanya bersifat sebagai penunjang, bukan sebagai asupan utama.

Jadi mulai saat ini, jangan lupa untuk menambahan asupan yang mengandung serat ke dalam menu harian Anda. Dengan demikian, kesehatan tubuh dan berat badan ideal yang Anda idamkan bisa segera terwujud.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar