Sukses

4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat

Kurang serat merupakan asal mula berbagai penyakit berbahaya. Kenali tandanya dan hindari sekarang juga!

Klikdokter.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap prima. Ini karena kurang serat merupakan asal mula berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Memang, kurang serat tidak serta-merta menyebabkan penyakit berbahaya tersebut. Akan tetapi, bila kondisi ini terus berlanjut, penyakit berbahaya tersebut tidak akan segan untuk hinggap di tubuh Anda.

Nah, sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda mengetahui kondisi tubuh yang kurang serat seperti di bawah ini:

1. Sembelit 

Tanda tubuh kurang serat yang pertama adalah sembelit. Ini adalah kondisi di saat Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

2. Sering lapar

Serat mengisi lambung dan lambat dicerna, sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Jika sering merasa lapar, berarti tubuh Anda sedang dalam kondisi kurang serat.

3. Berat badan meningkat

Seperti yang dijelaskan di atas, serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena itu, di saat tubuh Anda kurang serat, Anda akan mencari camilan terdekat untuk sekadar mengganjal perut yang lapar. Bila kebiasaan ini terus berlanjut, berat badan Anda akan terus mengalami peningkatan.

4. Kadar gula darah tidak stabil

Serat dapat menghambat penyerapan gula, sehingga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Maka itu, jika tubuh terus-menerus dalam keadaan kurang serat, bukan tidak mungkin diabetes akan terjadi kemudian.

Meski sangat baik bagi kesehatan, serat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi serat setidaknya 30 gram per hari. Serat bisa Anda temukan pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum.

Jika Anda memiliki aktivitas yang cukup padat, tidak terlalu menyukai jenis makanan berserat tinggi, atau belum yakin kebutuhan serat sudah terpenuhi, Anda dapat mengonsumsi ‘suplemen’ serat yang sangat mudah ditemukan di pasaran. ‘Suplemen’ ini dapat Anda campurkan langsung pada makanan, dan membuat rasa makanan semakin lezat sekaligus creamy.

Yuk, perhatikan kecukupan serat tubuh sehari-hari. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir akan bahaya yang akan terjadi akibat tubuh kurang serat. Salam sehat!

(NB/ RH)

1 Komentar

  • Didin Narek

    Dok, pencernaan sya terganggu dok....sya susah BAB tpi rasa kapar trus sperti yg di jelaskan sblum.a diatas...jd cara untuk mengatasi susah BAB, SEMBELIT dll itu gmna dok..?? Klo untuk mengkonsumsi suplemen makanan kira2 suplemen makanan yang baik itu apa dok..?? Mohon sarannya dok. Terima kasih..