Sukses

Kiat Bebas Batuk di Musim Hujan

Batuk masih menjadi momok menakutkan saat memasuki musim hujan. Bagaimana mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sedia payung sebelum hujan. Pernah mendengar peribahasa ini? Tak main-main, karena Anda memang jauh lebih baik mempersiapkan diri agar tak mudah terserang penyakit –khususnya di musim hujan. Biasanya, influenza dan batuk adalah jenis penyakit yang menghantui banyak orang di musim ini.

Flu merupakan penyakit akibat infeksi virus di saluran pernapasan. Sedangkan batuk bisa menjadi salah satu gejala penyakit flu yang sering muncul. Gejala batuk pun dapat disertai gejala lainnya seperti demam, sakit kepala, pilek, dan sakit tenggorokan.

Ketika memasuki musim hujan, ada beberapa faktor pencetus terjadinya flu pada setiap orang, seperti:

  1. Virus influenza lebih bertahan dalam kondisi yang dingin seperti saat musim hujan, sehingga lebih besar kemungkinan untuk menginfeksi tubuh manusia.
  2. Paparan sinar matahari yang berkurang saat musim hujan dapat menurunkan kadar vitamin D dalam tubuh. Keadaan tersebut dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dalam melawan infeksi virus.
  3. Selama musim hujan, kebanyakan orang akan lebih sering berada di dalam ruangan tertutup. Hal ini meningkatkan kemungkinan terpapar penyebaran virus influenza melalui udara yang berasal dari penderita flu yang berada dalam satu ruangan.
1 dari 2 halaman

Lakukan Ini Agar Tetap Sehat

Hal-hal di atas memang dapat terjadi saat musim hujan, namun bukan berarti tak ada bisa dilakukan untuk tetap sehat dan terhindar dari serangan flu dan batuk. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Banyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya dapat membantu mengobati keluhan batuk yang timbul saat flu, tapi juga dapat mencegah terjadinya flu.

Dengan banyak minum air putih, Anda dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan racun di dalam tubuh melalui urine. Jadi, pastikan Anda cukup minum air putih minimal 8–10 gelas per hari.

  • Tingkatkan asupan vitamin C

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sumber vitamin C yang mudah Anda temukan antara lain buah jeruk, anggur, jambu, brokoli, tomat, dan kentang.

Saat sistem imunitas terjaga baik, tentu flu beserta gejala batuk pun akan terhindar.

  • Hindari makanan tidak sehat

Cuaca yang lembab saat hujan dapat menyebabkan gerakan usus melambat. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit saluran pencernaan, yang pada akhirnya memengaruhi juga sistem imunitas tubuh.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan pedas atau yang digoreng, dapat meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit saluran pencernaan tersebut. Perbanyak konsumsi sayur dan buah karena kaya nutrisi yang baik untuk tubuh.

  • Jagalah kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan mandi dua kali sehari. Gunakan air yang mengalir. Jangan lupa, cuci tangan sehabis dari toilet, setelah membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menghidangkan makanan, sebelum makan, dan setelah memegang benda kotor.

Dalam keadaan tertentu, Anda bisa saja menyiapkan hand sanitizer. Hal lain yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan Anda.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menguatkan sistem imunitas tubuh. Usahakan Anda berolahraga selama 30 menit dalam sehari.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan kualitas sistem imunitas tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit. Tidurlah 7–8 jam dalam sehari. Di saat musim hujan, manfaatkan waktu untuk istirahat atau tidur di rumah.

Tapi bila batuk sudah terlanjur menyerang tubuh Anda, jangan buru-buru panik. Anda bisa mengonsumsi obat batuk herbal HerbaKOF.  HerbaKOF merupakan satu-satunya obat batuk herbal di Indonesia yang diproses dengan teknologi fraksinasi mutakhir, yaitu proses ekstraksi untuk menemukan fraksi spesifik berupa zat aktif reconylTM.

Obat batuk herbal ini sendiri memiliki empat keunggulan, yaitu meredakan segala jenis batuk, meredakan radang tenggorokan, melegakan pernapasan, dan menghangatkan saluran pernapasan.

Selain memiliki rasa yang enak, HerbaKOF juga berkhasiat menekan batuk, sebagai antiinflamasi (meredakan radang tenggorokan), sekaligus sebagai trakeoplasmolitik (melegakan saluran pernapasan). HerbaKOF juga aman untuk seluruh anggota keluarga.

Jagalah kesehatan Anda dengan menjalani pola hidup sehat agar bebas sakit, khususnya di musim hujan. Bila serangan penyakit, seperti influenza dan batuk terlanjur datang, pastikan Anda mengonsumsi obat yang aman dan terpercaya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar