Kesehatan Umum

Jangan Lakukan Ini Saat Mengonsumsi Antibiotik

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 15 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketika dokter meresepkan antibiotik, apa saja yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat ini?

Jangan Lakukan Ini Saat Mengonsumsi Antibiotik

Ketika seseorang mengalami infeksi bakteri tertentu, biasanya, dokter akan menganjurkannya untuk  mengonsumsi antibiotik. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi obat jenis ini, agar tetap aman dan tidak membahayakan kesehatan.

Berikut ini adalah pemaparannya:

  1. Alkohol

Walaupun alkohol tidak terbukti memengaruhi efektivitas antibiotik yang dikonsumsi, kombinasi asupan alkohol dan antibiotik dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan Anda seperti nyeri perut, nyeri kepala, dan rasa mengantuk.

Oleh sebab itu, ketika Anda sedang dalam pengobatan antibiotik, tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung asam

Makanan dan minuman yang memiliki kandungan asam cukup tinggi seperti tomat, lemon, cokelat dan minuman ringan dapat menghambat proses penyerapan antibiotik di saluran cerna.

  1. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat seperti gandum, kacang-kacangan, dan brokoli, sangat baik bagi kesehatan, kecuali saat sedang mengonsumsi antibiotik. Makanan kaya serat dapat memperlambat penyerapan asupan di lambung, yang juga dapat menunda penyerapan antibiotik.

  1. Produk susu, kecuali yoghurt

Mengonsumsi susu dan produk susu dapat memengaruhi efek antibiotik yang sedang dikonsumsi. Yoghurt sendiri dikenal memiliki kandungan probiotik yang baik untuk seseorang yang mengonsumsi antibiotik.

Namun, produk susu jenis lain diketahui dapat menghambat penyerapan obat antibiotik karena kandungan kalsium dalam produk tersebut.

  1. Suplemen kalsium atau zat besi

Menurut Katrina Seidman dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, kalsium dan zat besi dapat memengaruhi kemampuan penyerapan antibiotik jenis tertentu.

Karena alasan tersebut, ketika Anda mengonsumsi suplemen kalsium dan zat besi, berikan jeda sekitar 3 jam sebelum Anda mendapat asupan antibiotik.

Dengan mengikuti saran dokter serta mengetahui jenis asupan yang seharusnya Anda hindari saat mengonsumsi antibiotik, diharapkan obat ini akan bekerja lebih efektif dalam melawan infeksi bakteri di dalam tubuh Anda.

[NP/ RVS]

Infeksi bakteriAntibiotiklambung

Konsultasi Dokter Terkait