Sukses

Dampak Buruk Diet Ketat untuk Turunkan Berat Badan

Jangan lakukan diet ketat untuk turunkan berat badan. Ini bahayanya.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal merupakan impian sebagian besar orang. Upaya apa pun pasti akan dilakukan demi mewujudkan impian tersebut. Tak jarang, sejumlah orang melakukan diet ketat yang belum tentu aman bagi kesehatan, untuk menurunkan berat badan secara cepat.

Faktanya, menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal harus dilakukan dengan cara yang tepat. Menurut ahli gizi, Rhiannon Lambert, diet yang dilakukan tidak dengan porsi yang tepat dapat mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan.

Itu karena diet ketat tidak benar-benar mampu menurunkan berat badan. Hal ini justru membuat pelakunya berisiko tinggi untuk mengalami:

  • Kekurangan gizi

Diet ketat membuat pelakunya benar-benar membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi dalam sehari. Hal ini membuat tubuhnya berisiko untuk kekurangan asupan vitamin dan mineral penting.

“Misalnya, kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfor bisa menyebabkan tulang lemah dan rapuh. Selain itu, kelelahan dan anemia bisa timbul akibat kebutuhan tubuh akan zat besi dan vitamin B12 tidak tercukupi,” tutur Lambert.

  • Metabolisme tubuh terganggu

Diet ketat juga berdampak pada melambatnya proses metabolisme di dalam tubuh. Keadaan ini membuat jumlah kalori yang dibakar menjadi lebih sedikit.

  • Kehilangan massa otot

Akibat membatasi asupan makanan, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga semakin sedikit. Kondisi ini dapat menyebabkan penyusutan massa otot, yang pada akhirnya membatasi kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

Atas dasar itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih diet untuk menurunkan berat badan. Alih-alih menurunkan berat badan secara cepat, diet ketat justru menuntun Anda pada masalah kesehatan yang baru.

Menurut Lambert, kehilangan berat badan terlalu cepat bisa mengakibatkan kerusakan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam memilih metode diet untuk turunkan berat badan. Jangan sampai diet yang Anda jalankan justru mendatangkan bahaya-bahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

[NB/ RVS]

3 Komentar