Sukses

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Apa keuntungan menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut?

Klikdokter.com, Jakarta Minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa. Minyak ini relatif unik karena memiliki sifat hidrasi dan antibakteri. Selain itu, struktur minyak kelapa memungkinkannya untuk menembus rambut dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh minyak lain.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila merawat rambut dengan minyak kelapa.

  • Memperkuat dan memperbaiki rambut

Minyak kelapa bekerja lebih baik daripada minyak mineral saat menembus folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat. Sebuah studi menemukan bahwa rambut yang dirawat dengan minyak kelapa selama 16 minggu hanya mengalami sedikit kerusakan akibat lingkungan.

  • Melembapkan rambut dan kulit kepala

Buah kelapa memiliki kandungan air yang banyak. Saat buah ini diproses menjadi minyak, ia mempertahankan kemampuannya untuk menghidrasi. Sifat pelembap ini ikut terbawa saat minyak kelapa dioleskan pada folikel rambut. Karena itu, minyak kelapa merupakan pelembap yang menakjubkan untuk kulit kering.

  • Mengurangi ketombe

Minyak kelapa dipercaya bisa mengatasi hampir semua penyebab ketombe. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membunuh bakteri berbahaya yang mencoba hidup di kulit kepala.

  • Mengatasi iritasi kulit

Sifat antibakteri pada minyak kelapa mampu melawan iritasi yang mungkin terjadi pada kulit Anda. Minyak kelapa dapat melindungi kulit Anda dari bakteri Candida dan Staphylococcus, yang bisa tumbuh dan berubah menjadi infeksi. Hal ini tentunya membuat mereka enggan berkoloni pada kulit kepala Anda.

  • Membuat rambut lebih cepat tumbuh

Sebenarnya belum ada penelitian yang menunjukkan efek langsung minyak kelapa terhadap pertumbuhan rambut. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian di Jepang, memijat rambut menggunakan minyak kelapa dapat membuat aliran darah meningkat ke kepala Anda. Hal ini kemudian menstimulasi folikel rambut sehingga rambut tumbuh lebih tebal.

Pada dasarnya, minyak kelapa sangat baik digunakan untuk mengatasi rambut kering. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok dan membutuhkan penyubur rambut, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar