Diet dan Nutrisi

Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 04 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sering kali kita menganggap bahwa hanya daging buah yang memiliki manfaat. Padahal, bagian biji beberapa buah juga berkhasiat untuk kesehatan.

Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

Ketika kita mengonsumsi buah, sering kali kita hanya memakan daging buahnya. Sedangkan kulit dan bijinya dibuang tanpa dilirik karena mayoritas rasanya yang tergolong pahit. Padahal, biji buah bermanfaat untuk kesehatanmu, lho!

Biji mengandung semua bahan awal yang diperlukan untuk berkembang menjadi tanaman. Karena itu, mereka sangat bergizi. Sebagian besar biji buah mengandung serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan juga antioksidan. 

Berikut adalah manfaat biji dari berbagai buah yang perlu kamu ketahui: 

1. Biji Alpukat

Biji buah alpukat adalah salah satu sumber serat larut terbaik. Biji alpukat mengandung lebih dari 70 persen antioksidan yang dipercaya membantu menurunkan kolesterol tinggi, mencegah penyakit kardiovaskular, dan stroke. 

Selain itu, biji alpukat dapat mengurangi peradangan di saluran pencernaan dan membantu mengatasi masalah usus. Cukup lengkap, bukan, manfaatnya?

2. Biji Apel

Apakah kamu senang memakan biji apel? Atau justru selalu membuangnya tiap kali makan apel? 

Dalam sebuah penelitian, biji buah apel dapat membantu membunuh sel kanker di dalam tubuh. 

Hal ini dikarenakan biji apel mengandung vitamin B17 yang dikenal sebagai laetrile, yang membantu penyembuhan kanker.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Semangka setelah Olahraga, Apa Saja?

3. Biji Pepaya

Dalam biji buah pepaya, tersimpan alkaloid anthelmintik yang dapat membantu membunuh cacing parasit dan amuba.

Tak hanya itu, biji pepaya mengandung glukosinolat yang menguntungkan yang disebut glucotropaeolin. 

Ketika zat ini melewati proses metabolisme oleh tubuh, maka akan menciptakan salah satu senyawa antikanker terkuat yang disebut isothiocyanate.

4. Biji Lemon

Mengonsumsi beberapa biji lemon tidak akan merugikan kesehatanmu. Pada dasarnya, semua biji dari buah sitrus aman untuk dikonsumsi.

Biji buah lemon dinilai bermanfaat untuk kesehatan, karena mengandung sejumlah asam salisilat (bahan utama aspirin). 

5. Biji Semangka

Biji buah semangka mengandung seng yang sangat tinggi, berguna untuk mengatur lebih dari 100 enzim yang berada di dalam tubuh. 

Sayangnya, mineral ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama. Pastikan kamu mendapatkan banyak seng dalam makananmu setiap hari. 

Selain itu, biji semangka juga mengandung arigin asam amino, yang membantu tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner.

Artikel Lainnya: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

6. Biji Anggur

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa konsumsi biji anggur menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap kanker. Tak hanya itu, biji anggur juga membantu mencegah gagal jantung dan gangguan stres oksidatif.

Karena itu, kamu dapat memakan biji buah anggur untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Meski rasanya pahit, tapi jika dimakan bersamaan dengan dagingnya, maka akan lebih terasa enak. 

7. Biji Nangka

Di negara-negara Asia, nangka banyak ditemukan dan dikenal sebagai salah satu buah yang hampir semua bagiannya bisa dimakan. Terutama di Indonesia, biji nangka sudah lazim ditemukan dalam berbagai olahan.

Nyatanya, biji buah nangka kaya akan pati, protein, berbagai vitamin dan mineral, serta antioksidan. Biji nangka tinggi akan dua jenis vitamin B, yakni tiamin dan riboflavin, yang berperan untuk memasok energi tubuh.

8. Biji Markisa

Banyak orang membuang biji buah markisa. Padahal, biji markisa mengandung nutrisi seperti antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Biji buah markisa juga mengandung magnesium yang merupakan mineral esensial untuk kesehatan, salah satunya metabolisme karbohidrat dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan serat dalam biji buah markisa dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan.

9. Biji Delima

Ternyata manfaat biji buah delima juga cukup menjanjikan bagi kesehatan. Delima memiliki banyak biji kecil di dalam daging buahnya. Bahkan, sekitar 3% dari delima merupakan berat bijinya. 

Biji delima kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin E, magnesium, serat, dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian, tepung yang terbuat dari biji ini mengandung sekitar 50% serat. Hal ini tentunya baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

Di samping itu, biji delima mengandung asam lemak tak jenuh, yaitu asam punisik. Studi pada hewan menunjukkan bahwa asam punisik dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

10. Biji Melon

Tak hanya daging buahnya yang manis dan banyak nutrisi, manfaat biji buah melon juga tak bisa disepelekan. 

Biji melon merupakan sumber protein (asam amino esensial), vitamin (folat, tiamin dan niasin, vitamin B6 dan asam pantotenat), mineral (magnesium, tembaga, seng, besi, kalium, fosfor, dan mangan) yang sangat baik.

Artikel Lainnya: Benarkah Biji Buah Manggis Bisa Mengobati Penyakit?

Berbagai kandungan antioksidan dari biji melon dipercaya dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, asam amino esensialnya baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat biji buah untuk kesehatan. Pastikan kamu memilih biji buah yang berkhasiat dan memang dapat dimakan. Karena, tidak semua biji buah bisa dimakan dan bahkan ada beberapa yang sebaiknya dihindari.

Jadi, cari tahu terlebih dahulu mengenai info terkait biji buah yang kamu pilih sebelum mengonsumsinya. 

Untuk #JagaSehatmu, kamu bisa membaca artikel kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Jika ingin konsultasi dengan dokter, silakan klik fitur Tanya Dokter

[RS]

buah

Konsultasi Dokter Terkait