Sukses

Inilah Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin

Ketahui waktu terbaik mengonsumsi vitamin agar dapat diserap tubuh secara optimal.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang mengonsumsi vitamin untuk menjaga tubuhnya tetap sehat. Namun, mengonsumsi vitamin akan lebih optimal jika dikonsumsi pada waktu yang tepat.

Sebuah studi yang diterbitkan di Sleep Medicine mengungkapkan, terdapat hubungan antara penggunaan multivitamin dengan tidur yang buruk, namun ini tidak membuktikan bahwa vitamin tersebut menyebabkan masalah tidur.

Jika Anda merasa mengonsumsi vitamin di malam hari mengganggu tidur, mungkin lebih baik Anda mengonsumsinya pada pagi hari.

Sebaliknya,  jika Anda merasa mual saat mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi, terutama pada wanita yang mengalami morning sickness selama kehamilan, lebih baik konsumsilah vitamin di malam hari.

Sesuaikan dengan kondisi

Vitamin A, D, E, dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak, karena itu sebaiknya dikonsumsi usai makan. Vitamin ini memerlukan sumber lemak untuk membantu proses penyerapannya.

Sementara vitamin B dan C yang larut dalam air tidak perlu dikonsumsi bersama dengan makanan terlepas dari apakah Anda mengonsumsinya pada malam atau pagi hari.

Beberapa vitamin dan mineral yang dikonsumsi bersamaan dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi. Misalnya, zat besi dan kalsium serta makanan yang tinggi serat, kopi atau teh bersamaan dengan multivitamin.

Minum vitamin pagi atau malam hari, sebenarnya tergantung pada jenis vitaminnya. Jika Anda minum multivitamin, yaitu satu vitamin yang mengandung banyak jenis vitamin, waktu terbaik untuk meminumnya adalah pagi hari setelah Anda sarapan atau makan siang.

Meski banyak bukti yang mengungkapkan bahwa vitamin dan multivitamin memiliki efek positif pada kesehatan seseorang, akan tetapi bila diminum dalam dosis yang terlalu besar dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Sebelum mengonsumsi vitamin ada baiknya konsultasikan ke dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. 

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar