Diet dan Nutrisi

Awas, Makan Telur Berlebih Akibatkan Penyakit Ini!

Gerardus Septian Kalis, 11 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Telur memang enak, praktis, dan bergizi tinggi. Tapi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, ini akibatnya.

Awas, Makan Telur Berlebih Akibatkan Penyakit Ini!

Telur adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan gizinya bahkan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Lantas, benarkah mengonsumsi telur secara berlebih dapat memicu batu ginjal?

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, konsumsi telur secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir metabolismenya adalah asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam urine dapat membentuk batu asam urat, salah satu jenis batu ginjal.  

Menurut dr. Sara, meski jika telur dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, menghindari telur atau sumber protein hewani lainnya bukanlah tindakan tepat. Pasalnya, protein adalah salah satu sumber nutrisi utama yang dibutuhkan manusia.

Lalu, berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari?

Walaupun belum ada batasan maksimal yang pasti, mengonsumsi tiga butir telur sehari masih dianggap aman untuk kesehatan. Anda tidak perlu takut dengan kandungan kolesterol yang terdapat dalam telur, selama dikonsumsi dalam porsi yang seimbang.

Pada dasarnya batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, diet, metabolisme abnormal, penyumbatan saluran kemih, infeksi, dan efek samping obat-obatan. Ginjal yang rusak dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar kreatinin yang tinggi, proteinuria, dan darah dalam urine.

Jadi, Anda boleh-boleh saja mengonsumsi telur asalkan dalam porsi sewajarnya. Selain itu, minumlah cukup air setiap hari untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

[RS/ RVS]

urinetelurAsam UratBatu Ginjal

Konsultasi Dokter Terkait