Kehamilan

Makan Nangka Bisa Sebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Gerardus Septian Kalis, 09 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Benarkah mengonsumsi nangka selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran?

Makan Nangka Bisa Sebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Menurut pakar ahli ginekologi mengatakan, pada dasarnya wanita hamil boleh mengonsumsi semua jenis buah, termasuk nangka. Namun, yang perlu diperhatikan yakni memastikan porsinya agar tidak berlebihan.

Buah nangka sendiri memiliki kandungan kaya akan vitamin B6, potasium dan kaya kandungan antioksidan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi nangka selama masa kehamilan:

1. Meningkatkan imunitas

Nangka dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan dan mengurangi risiko infeksi. Hal ini disebabkan karena nangka mengandung vitamin A, B, dan C yang semuanya berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan perkembangan janin

Memiliki sumber vitamin yang baik, nangka juga memainkan peran penting dalam perkembangan janin, termasuk penglihatan, perkembangan sel, dan mitosis.

3. Mengatur kadar hormon dan stres

Selama kehamilan terjadi banyak perubahan hormon. Mengonsumsi nangka ternyata dapat membantu mengatur kadar hormone, khususnya bagi perempuan yang sedang hamil. Selain itu, nangka juga dapat membantu mengendalikan tingkat stres selama masa kehamilan dan menyusui.

4. Membantu pencernaan

Wanita hamil sering mengalami konstipasi. Kandungan serat yang tinggi pada nangka membantu proses pencernaan dan mengurangi sembelit. Mengonsumsi nangka juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat sehari-hari.

Selanjutnya

5. Menormalkan tekanan darah

Karena nangka memiliki kandungan potasium yang sangat baik, hal ini dapat membantu mengurangi tekanan darah pada wanita hamil. Nangka biasanya dianjurkan untuk wanita hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Mencegah anemia

Nangka memiliki kandungan zat besi dan folat yang cukup banyak. Ini berguna untuk menjaga kadar hemoglobin, sehingga dapat terhindar dari anemia, yang umum terjadi pada masa kehamilan.

7. Meningkatkan stamina

Di dalam nangka terdapat gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang dapat memberi dorongan energi instan pada tubuh.

Namun, menurut dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan, meski banyak memberikan manfaat untuk ibu hamil, buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol.  Semuanya itu dapat mengakibatkan ibu hamil merasa kembung, sehingga bisa memicu terjadinya kontraksi pada trimester pertama.

Meskipun Anda penggemar buah nangka, sebaiknya Anda patut mewaspadai asupan makanan selama masa kehamilan. Jangan sampai makanan tersebut justru mengancam janin di dalam kandungan yang berujung pada keguguran.

[DA/ RVS]

KehamilanNangkaKeguguran

Konsultasi Dokter Terkait