Sukses

8 Cara Alami Usir Keriput di Wajah

Lakukan cara alami berikut ini untuk menghilangkan keriput di wajah.

Klikdokter.com, Jakarta Garis halus atau keriput di wajah sebenarnya merupakan hal yang alami sebagai tanda penuaan pada kulit. Namun, kemunculan keriput dan garis halus ini ternyata tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada usia muda.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada solusi untuk mencegah munculnya keriput. Mengutip WebMD, dengan melakukan beberapa hal berikut ini dipercaya bisa memperlambat penuaan dini:

1.Berhenti merokok

Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang dilakukan oleh tim ahli kulit, psikolog dan ahli gizi pada 64 wanita Italia yang merokok. Para peneliti memperhitungkan adanya garis, tanda vaskular, pigmentasi, elastisitas, kecerahan dan tekstur.

Hasilnya mengungkapkan bahwa para perokok memiliki usia biologis yang lebih tua 9 tahun dari usia sebenarnya.

2. Lidah buaya

Sebuah penelitian tahun 2009 menemukan bahwa konsumsi lidah buaya dapat mengurangi keriput wajah. Dalam penelitian tersebut, 30 wanita sehat, berusia di atas 45 tahun diminta untuk mengonsumsi lidah buaya sebagai suplemen.

Satu kelompok mengambil dosis rendah (1.200 mg/hari) dan kelompok kedua mengambil dosis tinggi (3.600 mg/hari). Setelah 90 hari, para peneliti menemukan bahwa keriput wajah mereka berkurang secara signifikan pada kedua kelompok.

Hasilnya, para periset menemukan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen yang mengarah ke dukungan struktural kulit yang lebih baik. Selain itu, hasil riset tersebut mengungkapkan, lidah buaya mampu menurunkan aktivitas gen yang menyebabkan kolagen menjadi rusak.

3. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur

Senyawa antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih sehat, serta terlihat lebih muda dan bercahaya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Waktu tidur yang cukup

Menurut Nicholas Perricone, MD, dari Yale dermatologist, ketika Anda tidak cukup tidur tubuh akan kelebihan hormon kortisol yang dapat memecah sel kulit. Istirahat cukup akan menghasilkan lebih banyak HGH (human growth hormone), yang membantu kulit elastis, lebih tebal dan tidak berkerut.

5. Makan lebih banyak ikan

Ikan (terutama salmon) adalah salah satu sumber protein yang hebat karena merupakan sumber asam lemak esensial yang dikenal dengan omega-3. Asam lemak esensial ini membantu memberi nutrisi pada kulit dan membuatnya tampak awet muda.

6. Perbanyak makan kedelai

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dalam sebuah penelitian di European Journal of Nutrition, para periset melaporkan bahwa suplemen berbasis kedelai dapat memperbaiki struktur dan kekencangan kulit.

7. Jangan terlalu sering mencuci muka

Menurut ahli dermatologi di University of Maryland Medical Center, sering membasuh muka dengan air dapat menghalangi minyak alami kulit untuk menjaga kelembapannya. Cuci muka boleh Anda lakukan apabila sabun Anda mengandung pelembap.

8. Jangan terlalu sering terpapar matahari

Sinar matahari adalah penyebab keriput yang utama. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan kembar identik, seorang ahli bedah plastik, Darrick Antell, MD, menemukan, paparan sinar matahari lebih penting daripada faktor keturunan. Salah seorang anak kembar yang membatasi diri dari paparan sinar matahari memiliki keriput lebih sedikit daripada saudaranya yang sering terpapar sinar matahari.

Tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak jika melakukan berbagai cara alami di atas agar dapat terhindar dari keriput di wajah. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar