Kesehatan Umum

Tak Sengaja Menelan Rambut Saat Makan, Berbahayakah?

Klikdokter, 23 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernah tak sengaja menelan rambut saat makan? Apakah makan rambut bisa menimbulkan bahaya yang serius bagi tubuh? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Tak Sengaja Menelan Rambut Saat Makan, Berbahayakah?

Menemukan sehelai rambut di piring makanan umumnya bisa sangat mengganggu. Pasalnya, hal itu mungkin bisa menyebabkan kamu ingin berhenti makan, mual, atau bahkan kehilangan selera makan.

Tidak sengaja makan rambut yang ada pada makanan sebenarnya tidak memiliki dampak yang signifikan bagi tubuhmu. 

Namun, lain cerita jika kamu melakukan hal tersebut berulang kali dan rambut tertelan dalam jumlah banyak.

Bahayakah Menelan Rambut bagi Kesehatan?

Ada beberapa bahaya yang bisa timbul jika kamu menelan rambut dalam jumlah yang tidak wajar. 

Berikut adalah dampak makan rambut bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Adanya Kandungan Zat Berbahaya Hingga Bakteri

Rambut manusia memiliki kandungan kimia yang disebut keratin. Tubuh tidak dapat menghancurkan keratin. Jadi, ketika kita menelan rambut, keratin akan termakan secara utuh dan masuk ke dalam tubuh.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Institute of Science, Technology, and Development Studies, New Delhi, menyebutkan bahwa rambut manusia bisa mengandung sejumlah zat kimia beracun.

Racun bisa disebabkan oleh sampo, cat rambut, dan lainnya yang terdapat di batang rambut.

Selain itu, adanya bakteri pada rambut manusia dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Artikel Lainnya: Mengenal Amylophagia, Gangguan Suka Makan Terigu Mentah

2. Rambut Sulit Dicerna

Selain mengandung zat beracun, rambut juga tidak dapat dicerna tubuh dengan mudah. Alhasil, rambut yang tertelan akan mengendap di dalam tubuh.

Jika terus-menerus dibiarkan, rambut-rambut tersebut akan membentuk ‘bola rambut’ yang bersarang di tubuhmu.

3. Menelan Rambut Bisa Menjadi Tanda Gangguan Kejiwaan

Dalam kasus yang lebih ekstrem, kebiasaan makan rambut bisa mengarah pada gangguan kejiwaan.

Ya, kebiasaan menelan rambut secara sengaja terjadi pada orang yang mengalami sindrom Rapunzel atau trichophagia. Pada kondisi ini, penderitanya terbiasa mencabut dan memakan rambut dari kepalanya sendiri setiap hari.

Banyaknya rambut yang tertelan bisa menggumpal menjadi bola rambut. Saat bola rambut mencapai usus, nantinya dapat memicu gangguan pencernaan.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah bola rambut pada pencernaan adalah dengan melakukan operasi gastrostomi atau enterotomi.

Dalam prosedur ini, dokter akan melakukan pembedahan dengan cara membuka saluran pencernaan dan mengeluarkan bola rambut.

Pada salah satu kasus wanita yang pernah didiagnosis sindrom Rapunzel, ditemukan gumpalan rambut di lambung dan usus halus saat dilakukan prosedur pembedahan.

Gumpalan rambut dalam saluran pencernaan tidak hanya dapat menimbulkan sumbatan pada saluran pencernaan, bahkan bisa mengakibatkan adanya perdarahan.

Adakah Cara Mengeluarkan Rambut yang Tertelan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, menelan sehelai atau dua helai rambut secara tidak sengaja saat makan bukanlah hal yang berbahaya bagi kesehatan.

Tapi jika kamu mengalami sindrom Rapunzel, barulah butuh penanganan khusus, seperti operasi.

Karena makan sehelai rambut tidak berbahaya, maka tidak ada cara khusus mengeluarkan rambut yang tertelan. 

Namun, apabila kamu merasakan rambut menyangkut di tenggorokan, berikut cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut:

  • Cobalah untuk Melakukan Gerakan Menelan

Telanlah rambut tersebut. Nantinya, rambut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan akan dikeluarkan dari tubuh secara alami.

  • Menelan Makanan Lunak

Menelan pisang atau roti bisa membantu membebaskan rasa tidak nyaman di tenggorokan saat tidak sengaja makan rambut.

  • Minum Minyak Zaitun

Meminum satu sendok makan minyak zaitun bisa membantu melumasi dan membebaskan rambut di tenggorokan.

Jika telah melakukan hal-hal di atas tetapi kamu merasa rambut masih berada di tenggorokan dan sangat tidak nyaman, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Lainnya: Hobi Makan Benda Tak Lazim, Bisa Jadi Mengidap Pica Eating Disorder

Tips agar Tak Menelan Rambut Saat Makan

Kenapa Mengikat Rambut Terlalu Lama Bisa Bikin Sakit Kepala?

Terdapat beberapa dampak kesehatan dari menelan rambut, terutama jika terlalu sering. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar kamu tidak menelan rambut saat makan: 

  • Ikat Rambut Saat Makan

Mengikat atau menguncir rambut menjadi salah satu cara agar rambut tidak terjatuh ke dalam makanan. Menguncir juga memudahkanmu untuk makan, terlebih apabila rambut yang dimiliki panjang terurai.

Tidak hanya berguna untuk orang dewasa, mengikat rambut bisa mencegah anak-anak menarik dan menelan rambut.

  • Gunakan Bando

Jika kamu memiliki rambut pendek dan tak bisa diikat, gunakan bandana atau bando untuk menahan rambut agar tidak mudah jatuh atau mengganggu saat makan.

Gunakan saat makan dan pastikan semua rambut bagian depan tertahan atau tidak jatuh-jatuh keluar bandana saat kamu sedang makan atau memasak. 

  • Gunakan Penutup Kepala Saat Memasak

Selain mengikat rambut, kamu bisa menggunakan penutup kepala saat memasak. Penutup kepala ini berfungsi untuk mencegah rambut jatuh pada makanan sehingga kebersihannya tetap terjamin.

Selain itu, penutup kepala bisa membantu menyerap keringat yang ada di sekitar dahi maupun kepala, sehingga saat memasak kamu tidak perlu menyeka terlalu sering atau menyentuh area kepala.

  • Memperhatikan Kebersihan Dapur dan Tempat Penyimpanan Makanan

Kamu wajib memperhatikan kebersihan dapur dalam mempersiapkan makanan. Oleh sebab itu, kamu harus membersihkan dapur setiap memulai dan setelah selesai memasak. Pastikan meja dapur bersih dan terbebas dari debu maupun rambut.

Selain area dapur, perhatikan juga kebersihan rak, alat makan, maupun toples penyimpanan makanan yang ada di rumah. Dengan menerapkan kebersihan, kemungkinan menelan atau memakan rambut tidak akan terjadi.

Jadi, kesimpulannya, apakah makan rambut yang ada di dalam makanan berbahaya? Kalau hanya sehelai, jawabannya tentu tidak. 

Namun, kamu perlu waspada jika jumlah rambut yang tertelan cukup banyak. Terlebih apabila kamu menjadikan ini sebuah kebiasaan.

Kebiasaan makan rambut dalam jumlah tidak wajar bisa mengganggu kesehatanmu. Karena itu, jangan sungkan berkonsultasi kepada dokter ahli jiwa untuk membantu mengatasi hal tersebut.   

Untuk lebih praktisnya, kamu bisa konsultasi online dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Rambutmenelan rambut

Konsultasi Dokter Terkait