HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga untuk Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 02 Nov 2023

Ditinjau Oleh dr. Sepriani Timurtini

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minum kopi sebelum olahraga ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan energi hingga mengurangi nyeri otot.

5 Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga untuk Kesehatan

Kopi memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, siapa sangka minuman yang mengandung kafein ini juga bermanfaat jika diminum sebelum berolahraga. Namun, apakah aman minum kopi sebelum olahraga? Berapa jam minum kopi sebelum olahraga?

Kopi menjadi salah satu minuman yang aman dikonsumsi sebelum olahraga. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition, dianjurkan untuk minum kopi sekitar 45-60 menit sebelum berolahraga agar lebih efektif.

Kafein akan efektif bila dikonsumsi dalam dosis 2-6 mg per kilogram (kg) berat badan. Ini sekitar 135-405 mg untuk orang dengan berat 68 kg.

Rata-rata, satu cangkir kopi mengandung 100 mg kafein. Cara minum kopi sebelum olahraga yang efektif adalah dengan minum 1-2 cangkir dalam 45-60 menit sebelum olahraga. Yuk, simak sederet manfaat minum kopi sebelum olahraga lewat ulasan berikut ini.

1. Mengurangi Nyeri Otot

Kabar baiknya, kafein dapat mengurangi nyeri otot hingga 50 persen. Disampaikan dr. Sepriani Timurtini Limbong, kafein dalam kopi dapat memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa nyeri. Hal ini dapat mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan saat berolahraga.

“Inilah sebabnya pakar kesehatan olahraga lebih menyarankan atlet atau orang yang hobi berolahraga untuk minum kopi, dibandingkan minum minuman berenergi lainnya sebelum berolahraga,” tuturnya.

2. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Selain mengurangi nyeri otot, minum kopi juga dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh. 

Berkat hal tersebut, kamu jadi tidak mudah lelah ketika berolahraga. Dengan minum kopi, ini bisa membantu kamu untuk melakukan olahraga lebih lama dari biasanya.

3. Membakar Lebih Banyak Kalori

Manfaat minum kopi sebelum berolahraga ini berhubungan dengan manfaat kopi lainnya. 

Ketika minum kopi sebelum olahraga, kamu tidak akan mudah lelah dan lebih jarang mengalami nyeri otot, sehingga dapat melakukan olahraga lebih lama. Dengan demikian, kalori yang dibakar jadi lebih banyak.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kafein yang ada di dalam kopi ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja fisik. 

Mengutip dari penelitian yang dipublikasikan oleh Nutrients, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, hingga tingkat energi tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Kopi Dicampur Protein Bubuk (Proffee)

5. Menambah Energi

Minum kopi sebelum olahraga juga dapat menambah energi. Kandungan kafein dalam kopi dapat menurunkan risiko kelelahan dan meningkatkan energi seseorang.

Pasalnya, kafein akan memblokir reseptor neurotransmitter adenosin dan meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang berfungsi untuk mengatur tingkat energi, termasuk dopamin.

Supaya lebih mendapatkan hasil yang maksimal, Dokter Sepriani menganjurkan untuk menghindari penambahan krimer, susu, atau gula ke dalam cangkir kopi. Pastikan juga agar kamu tetap minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Meski kafein bisa meningkatkan performa selama berolahraga, namun ada bahaya minum kopi berlebihan sebelum olahraga yang perlu dipertimbangkan. Efek minum kopi sebelum olahraga bisa menyebabkan sakit perut, cemas, insomnia, hingga overdosis kafein.

Oleh karenanya, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan sebelum berolahraga. Usahakan untuk minum kopi satu jam sebelumnya.

Bila kamu mengalami masalah kesehatan setelah minum kopi, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter. Selain itu, bisa juga booking pemeriksaan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat lewat aplikasi KlikDokter.

(NM)

Manfaat KopiMinum KopiOlahragakopi

Konsultasi Dokter Terkait