Sukses

Ini Alasan Membaca Buku di Mobil Bikin Mual

Membaca di mobil saat perjalanan jauh terkadang membuat mual. Mengapa demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Mengutip huffingtonpost, penyebab seseorang mual saat membaca buku di dalam mobil yang sedang berjalan dikarenakan adanya ketidakselarasan antara mata dan telinga. Saat Anda membaca di dalam tempat yang bergerak, mata dan telinga akan memberikan sinyal yang berbeda ke otak.

Hal ini terjadi karena saat membaca, mata akan terpaku pada buku yang merupakan benda tidak bergerak. Sehingga mata akan memberikan sinyal pada otak bahwa Anda sedang tidak bergerak.

Sementara telinga, memberi sinyal lainnya. kenyataannya Anda memang tengah berada dalam sebuah ‘pergerakan’ dan telinga menyampaikan hal itu pada otak.

Respons berbeda itulah yang kemudian membuat otak merasa ‘bingung’ dan pada akhirnya menyebabkan rasa mual. Umumnya kejadian ini dikenal sebagai mabuk kendaraan.

Hal ini tak jauh berbeda dengan bermain gawai, karena keduanya sama-sama benda mati yang membuat mata meyakini bahwa Anda tidak sedang bergerak.

Selain di dalam mobil, biasanya Anda juga akan merasakan hal serupa saat membaca buku di pesawat, kereta dan kapal laut. Prinsipnya sama, mata dan telinga Anda memberikan sinyal yang berbeda pada otak.

Kendati demikian, para peneliti belum mengetahui secara pasti apakah ada penyebab lain yang menyebabkan Anda mabuk atau mual saat membaca di dalam kendaraan yang tengah berjalan. Namun sejauh ini sistem sensorik yaitu otot mata dan telinga, dipercaya sebagai penyebab dari sensasi tersebut.

Mabuk perjalanan biasanya menjadi semakin parah apabila mobil yang Anda tumpangi melewati jalan berbatu dan rusak. Hal itu terjadi karena kondisi jalan tersebut akan memicu guncangan yang semakin parah untuk dipahami oleh mata dan telinga.

Mengapa hal demikian bisa terjadi? Nyatanya, para pakar menyebut, memang beginilah cara tubuh merespon informasi sensorik yang kontradiktif. Mabuk kendaraan adalah sindrom kompleks dengan efek yang bervariasi termasuk pusing, berkeringat, sakit kepala, kelelahan, dan rasa tidak nyaman lainnya.

Itulah hal yang menyebabkan Anda mual saat membaca buku di dalam mobil yang sedang berjalan. Anda bisa mencoba untuk mendengarkan musik atau sebaiknya tidur selama perjalanan agar saat tiba di tujuan tubuh menjadi lebih segar.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar