Sukses

Sering Sakit Punggung Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Setelah bangun tidur, bukannya lebih rileks, bisa jadi Anda justru sering sakit punggung.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur sudah menjadi kebutuhan tubuh untuk mengembalikan energi dan stamina. Setelah bangun tidur, seharusnya Anda akan merasakan nyaman dan rileks. Namun, terkadang setelah bangun tidur, Anda justru dapat merasakan sakit punggung. Bisa jadi ada yang salah dari kebiasaan tidur Anda.

Yuk, perhatikan hal-hal berikut yang memengaruhi tubuh saat bangun tidur.

Posisi tidur

Pastikan posisi tidur Anda dapat menjaga kelengkungan alami tulang belakang. Posisi tidur yang salah dapat membuat Anda merasakan nyeri setelah bangun tidur. Hindari tidur tengkurap karena akan membuat tulang belakang Anda bermasalah dan dapat menyebabkan nyeri leher, nyeri punggung serta nyeri kepala setelah bangun tidur.

Cobalah untuk tidur telentang atau miring, meski sebetulnya tidur terlentang atau miring juga dapat menyebabkan nyeri pada punggung bawah atau area panggul setelah bangun tidur. Untuk menyiasatinya, letakkan bantal di antara kedua lutut Anda saat tidur dengan posisi miring.

Sementara saat tidur posisi terlentang, letakkan bantal di bawah kedua lutut Anda agar tulang belakang berada pada posisi alami.

Bantal

The American Physical Therapy Association menyebutkan bahwa posisi tidur yang tepat juga bergantung pada bantal yang Anda gunakan. Bantal yang terlalu tebal atau ditumpuk tidak disarankan karena dapat menyebabkan nyeri punggung, kecuali Anda memiliki penyakit tertentu.

Perlu Anda ketahui, bantal yang berisi bulu angsa, bulu binatang atau kapuk seringkali mudah lapuk atau menjadi tipis dan menyebabkan nyeri punggung atau nyeri leher. Anda bisa menggunakan bantal yang memiliki material spesifik seperti berbahan viskoelastik, memory foam, atau bantal yang didesain khusus seperti bantal servikal.

Gunakan bantal-bantal jenis tersebut, terutama jika Anda sering memiliki masalah nyeri leher atau nyeri punggung setelah bangun tidur. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti bantal Anda.

Kasur

Penggunaan kasur tertentu bisa membuat Anda mengalami nyeri punggung setelah bangun tidur. Hindari penggunaan kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, kecuali Anda memiliki kondisi medis tertentu. Hal ini dilakukan agar tidak mengubah kelengkungan alami tulang belakang Anda. 

Jangan lupa juga pastikan untuk mengganti kasur Anda paling tidak setiap 10 tahun sekali. Penggunaan kasur yang lama (>10 tahun) dapat meningkatkan risiko Anda mengalami nyeri punggung setelah bangun tidur.

Tidur seharusnya menjadi waktu Anda untuk relaksasi dan tidak menimbulkan nyeri. Mempraktekkan beberapa kiat di atas dapat mengurangi Anda terkena sakit punggung yang mungkin timbul setelah bangun tidur.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar