Pencernaan

Awas, Ini Akibatnya jika Sering Menahan Kencing!

Gerardus Septian Kalis, 22 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beragam penyakit ini bisa mengancam kesehatan Anda bila terlalu sering menahan kencing.

Awas, Ini Akibatnya jika Sering Menahan Kencing!

Kencing atau buang air kecil (BAK) merupakan sebuah proses alami yang terjadi di dalam tubuh untuk mengeluarkan limbah dan racun. Bagi Anda yang sering menahan kencing, sepertinya kebiasaan ini harus segera dihindari karena dapat mengancam kesehatan tubuh Anda.

Inilah dampak yang bisa terjadi pada tubuh bila Anda sering menahan keinginan untuk kencing.

1. Infeksi saluran kencing

Jika Anda adalah tipe orang yang sering menolak keinginan untuk kencing saat berada di tempat kerja, bersiaplah menghadapi risiko infeksi saluran kencing. Air kencing banyak mengandung kuman. Jika cairan ini diam terlalu lama di kandung kemih maka dapat menyebabkan infeksi.

2. Pembentukan batu ginjal

Beberapa orang rentan terhadap pembentukan batu ginjal. Jika Anda sering menahan keinginan buang air kecil, hal ini bisa membuat kondisi Anda semakin buruk.

Batu ginjal dalam ukuran yang sangat kecil biasanya dapat dikeluarkan melalui urine. Supaya mencegah terbentuknya batu ginjal Anda diharuskan banyak minum air dan segera pergi ke kamar mandi jika tubuh Anda mengirimkan sinyal untuk kencing.

3. Peradangan kandung kemih

Saat Anda menahan keinginan untuk kencing, dinding kandung kemih berisiko untuk meradang, kondisi ini dikenal sebagai sistitis. Infeksi saluran kemih ini umumnya disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam saluran kemih melalui uretra, yang kemudian berkembang biak.

Jika Anda sering mengalami buang air kecil dan terasa sakit selama beberapa jam atau melihat darah di urine Anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat

4. Kandung kemih membengkak

Kandung kemih memiliki kapasitas yang sangat terbatas, dan menahan kencing bisa membuatnya membengkak. Kandung kemih sendiri hanya bisa menampung sekitar tiga gelas air.

Bila kandung kemih Anda penuh, ada reseptor di otak yang bertanggung jawab mengirimkan sinyal untuk memberitahu bahwa Anda perlu pergi ke kamar mandi.

Untuk memastikan kandung kemih Anda tetap sehat, jangan menahan kencing. Anda perlu buang air kecil sesering mungkin untuk menghindari penumpukan urine di dalam tubuh, karena kondisi ini berisiko mengakibatkan infeksi saluran kencing (ISK), khususnya bagi wanita hamil.

[DA/ RVS]

Buang Air KecilKencingsaluran kemihMenahan kencingInfeksi Saluran Kemih

Konsultasi Dokter Terkait