Saraf

Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

dr. Adeline Jaclyn, 24 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan hanya enak, cokelat juga disebut-sebut baik untuk kesehatan otak Anda, lho. Simak penjelasannya berikut ini.

Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Cokelat sudah menjadi camilan yang populer di negara mana pun. Selain karena enak, cokelat juga mampu meningkatkan mood Anda.

Ada beragam tipe cokelat yang beredar di pasaran, seperti cokelat susu dan cokelat hitam (dark chocolate).

Cokelat susu sering kali ditambah gula, susu, dan memiliki sedikit kakao. Sementara itu, cokelat hitam memiliki jumlah kakao yang jauh lebih besar dan gula yang lebih sedikit.

Cokelat berasal dari tanaman kakao yang mengandung mineral dan antioksidan yang tinggi. Maka tak heran, makanan yang satu ini punya beragam manfaat. Bahkan katanya, konsumsi cokelat bagus untuk otak Anda.

Manfaat cokelat untuk otak berkaitan dengan kemampuannya dalam melindungi otak dari gangguan kognitif. Namun, apakah khasiat ini benar-benar sudah terbukti?

Manfaat Cokelat untuk Otak Anda

Cokelat ternyata sangat bermanfaat untuk otak. Hal ini telah diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa makan cokelat secara teratur terbukti dapat membantu fungsi otak.

Manfaat cokelat untuk otak ini hadir berkat kandungan biji kakao di dalamnya. Biji kakao merupakan sumber senyawa neuroprotektif alami.

Artikel Lainnya: Tips Makan Cokelat Saat Diet, Tak Bikin Gemuk!

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition edisi Mei 2017 menemukan bahwa flavanol di dalam cokelat dapat meningkatkan fungsi otak manusia.

Flavanol adalah salah satu bentuk flavonoid yaitu zat nabati yang memiliki antiinflamasi dan antioksidan.

Khasiat cokelat untuk otak juga telah didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011.

Penelitian tersebut menemukan, orang dewasa yang mengonsumsi dark chocolate dengan kandungan flavanol tinggi mengalami peningkatan daya ingat daripada mereka yang hanya mengonsumsi cokelat putih dengan kandungan flavanol rendah.

Tak cukup sampai di situ. Manfaat cokelat untuk kecerdasan otak manusia juga dikemukakan oleh sebuah studi dari The Cocoa, Cognition, and Aging (CoCoA) yang diterbitkan dalam jurnal medis Hypertension tahun 2012.

Studi tersebut menunjukkan, pada orang tua dengan gangguan kognitif ringan yang mengonsumsi kakao setiap hari, kinerja tes kognitif mengalami peningkatan secara signifikan.

Temuan ini mengungkapkan bahwa flavanol mampu meningkatkan aliran darah ke otak serta melindungi sel saraf dari kematian akibat radikal bebas.

Artikel Lainnya: Konsumsi Cokelat Dapat Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Beberapa studi di atas memang sangat menarik. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung manfaat cokelat untuk otak.

Satu hal yang perlu Anda tahu, pada dasarnya semua cokelat memiliki flavanol lantaran terjadi secara alami pada kakao.

Namun di antara jenis lainnya, Anda disarankan mengonsumsi dark chocolate karena lebih banyak mengandung flavanol.

Tetap Imbangi dengan Pola Hidup Sehat

Untuk meningkatkan fungsi otak menjadi lebih optimal, tentunya tidak hanya dengan mengonsumsi dark chocolate. Anda juga perlu melakukan stimulasi otak terus-menerus.

Stimulasi bisa dilakukan dengan membaca buku, mengambil kursus tertentu, mencoba belajar sesuatu yang baru, dan kegiatan lainnya.

Pola hidup sehat juga sangat bermakna. Tingkatkan konsumsi protein untuk memberikan nutrisi yang baik pada otak. Contohnya ikan, kacang-kacangan, telur, dan lain lain.

Artikel Lainnya: Mengintip Manfaat Cokelat untuk Tubuh Anda

Berolahraga secara rutin tak kalah penting untuk kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan olahraga dapat meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang membawa darah ke otak.

Olahraga juga membantu perkembangan sel saraf dan meningkatkan hubungan antar sel otak.

Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok serta minum alkohol, agar kesehatan otak tetap terpelihara. 

Ketahuilah bahwa meskipun flavanol di dalam cokelat sangat baik untuk otak, kandungannya pada setiap produk bisa berbeda karena variasi metode pengolahan.

Selain itu, biasanya dark chocolate tinggi kalori sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya untuk menghindari kalori yang berlebihan, yaitu tidak lebih dari 30 gram per hari.

Demikian penjelasan seputar manfaat cokelat untuk otak. Agar kesehatan otak tetap terjaga, Anda bisa konsumsi dark chocolate sebagai camilan sehat dengan takaran sewajarnya. Dan tentunya, perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat.

Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai tips meningkatkan kecerdasan kognitif melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

cokelatOtak

Konsultasi Dokter Terkait