Sukses

5 Makanan Ini Bisa Bikin Dehidrasi

Tidak hanya karena kekurangan minum, makanan yang Anda konsumsi juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Klikdokter.com, Jakarta Dehidrasi adalah keadaan tubuh yang kekurangan cairan. Banyak hal yang dapat menimbulkan dehidrasi, yang paling utama adalah konsumsi cairan yang terlalu sedikit. Selain itu, beberapa jenis makanan ternyata juga dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Apa saja makanan tersebut?

1. Asparagus

Asparagus mengandung aspargin, salah satu jenis asam amino, yang memiliki sifat diuretik. Diuretik adalah zat yang bersifat menambah pembentukan urin, sehingga berkemih akan lebih sering atau lebih banyak. Jika pengeluaran cairan dari tubuh ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, maka bisa saja timbul dehidrasi.

2. Makanan pencuci mulut

Umumnya, makanan pencuci mulut mengandung gula yang tinggi. Gula menyebabkan lingkungan tubuh menjadi relatif asam, sehingga mengganggu fungsi enzim tubuh dan juga ginjal. Gula “menyedot” cairan tubuh dan mengakibatkan organ tubuh sulit memproses cairan di dalam tubuh.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk banyak minum air saat memakan makanan manis. Hindari pula minuman yang manis untuk melegakan rasa haus. Selain meningkatkan risiko dehidrasi, gula juga dikaitkan dengan timbulnya diabetes.

3. Bumbu masak

Berbagai macam bumbu masak digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi lebih sedap. Beberapa yang perlu diperhatikan antara lain garam, kecap, kaldu blok, penambah rasa, dan sebagainya. Umumnya, bumbu tersebut mengandung garam yang tinggi. Garam bersifat menarik air, sehingga tubuh mudah mengalami dehidrasi saat makanan makanan tinggi garam. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan bumbu seperlunya saja saat memasak. Biarkan rasa asli dari bahan makanan menjadi masakan yang lezat, tidak perlu “ditutupi” rasa bumbu yang berlebihan.

4. Jajanan di bioskop

Popcorn dan minuman manis bersoda kerap menjadi jajanan klasik saat sedang menonton film di bioskop. Pada umumnya, popcorn mengandung garam yang tinggi. Sementara itu, minuman bersoda banyak mengandung gula. Seperti dijelaskan sebelumnya, garam dan gula dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

5. Alkohol

Alkohol juga bisa ditemukan dalam makanan, misalkan pada kue atau vla untuk puding. Alkohol memiliki sifat diuretik, sehingga Anda dapat sering berkemih setelah mengonsumsinya. Akibatnya, pengeluran cairan tubuh berlebih dan rentan mengalami dehidrasi.

Jadi, demikian tadi beberapa beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda dehidrasi. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengimbangi dengan banyak konsumsi cairan. Jika dibiarkan, kondisi dehidrasi dapat menjadi berat dan menyebabkan sakit kepala, gagal ginjal, dan lainnya.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar