Sukses

Inilah Rahasia Panjang Umur untuk Wanita!

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang dekat dengan alam memiliki harapan hidup lebih tinggi. Kunci panjang umur untuk wanita?

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard TH Chan School of Public Health dan Brigham and Women's Hospital terhadap 108.630 wanita menemukan rahasia bagaimana wanita dapat hidup lebih lama. Para peneliti menyebut ada hubungan antara alam dan panjang umur seorang wanita. Bagaimana bisa?

Penelitian tersebut menyatakan bahwa wanita yang hidupnya dikelilingi alam, seperti tanaman hijau dan pepohonan, memiliki umur yang cenderung lebih panjang. Ditemukan juga fakta bahwa tingkat kematian wanita yang dekat dengan alam 12 persen lebih rendah dibanding dengan yang tidak.

Para peneliti tersebut melihat bagaimana tempat tinggal dan tingkat kehijauan di sekitar rumah para wanita yang menjadi objek penelitian.

Wanita yang tinggal berdekatan dengan alam juga disebut memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dan kemungkinan 34 persen lebih rendah mengalami kematian akibat gangguan pernapasan. Untuk risiko terkena kanker pada wanita yang hidup di sekitar alam pun akan menurun hingga 13 persen.

 

1 dari 2 halaman

Lalu apa hubungan antara tempat tinggal dan panjang umur seorang wanita?

Faktanya hidup dikelilingi alam dan tumbuhan hijau adalah hal terbaik yang dapat diberikan pada tubuh Anda sebagai kaum wanita. Sebab di lingkungan demikian, Anda tidak akan menemui polusi udara, kebisingan dan cuaca panas yang ekstrem.

Para peneliti juga menyimpulkan teori bahwa hidup di sekitar alam dapat memberikan meningkatkan kesempatan tubuh untuk melakukan aktivitas, sehingga tingkat interaksi sosial pun akan semakin tinggi. Tentunya hal-hal tersebut akan membantu menurunkan tingkat stres dan dapat membuat Anda lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Nyatanya peningkatan kesehatan mental, termasuk tingkat stres yang rendah, adalah salah satu indikator hidup sejahtera. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa hidup di lingkungan hijau dapat meningkatkan kesehatan mental Anda hingga 30 persen lebih baik.

"Kami terkejut melihat adanya hubungan yang kuat antara peningkatan paparan terhadap kehijauan dan tingkat kematian yang lebih rendah," kata Peter James, rekan peneliti di Harvard Chan School Department of Epidemiology.

Nah, meski sudah ‘terjebak’ di tengah perkotaan dengan rutinitas yang tinggi, bukan berarti Anda tak memiliki harapan untuk panjang umur.

Anda, para wanita, bisa menciptakan sendiri lingkungan hijau di sekitar rumah dengan menanam pohon, atau sekadar tanaman hias di jendela rumah. Tak hanya menambah nilai keindahan, tanaman ini akan membantu Anda dan keluarga untuk hidup lebih sehat dan tentunya panjang umur.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar