Sukses

Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda

Mual saat hamil muda merupakan kondisi yang kerap tidak bisa dihindari. Lakukan ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Mual dan muntah merupakan keluhan yang sering ditemukan pada kondisi hamil muda. Meski tergolong tidak berbahaya, keluhan ini bisa sangat menganggu kenyamanan wanita yang mengalaminya.

Faktanya, 8 dari 10 wanita mengalami keluhan mual dan muntah saat memasuki fase hamil muda. Keluhan ini umumnya dirasakan di pagi hari (morning sickness), meski sebenarnya beberapa wanita juga dapat mengalaminya di malam hari.

Rasa mual yang terjadi saat hamil muda adalah akibat dari hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon ini akan tetap tinggi di minggu 12 hingga 14 kehamilan, lalu kadarnya akan menurun secara perlahan.

Itulah sebabnya keluhan akan dialami selama tiga bulan pertama dan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Sebenarnya, hormon HCG tersebut dikeluarkan oleh tubuh untuk memelihara janin di awal kehamilan. Ini berarti keluhan mual saat hamil muda adalah pertanda bahwa calon ibu maupun janin yang dikandungnya dalam keadaan baik.

Meski mual dan muntah saat hamil muda adalah pertanda baik, tidak jarang keluhan tersebut dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukan kiat berikut untuk mengurangi keluhan:

  • Makan sedikit namun sering

Makan besar akan memperlambat pengosongan lambung, sehingga memperburuk gejala mual dan muntah saat hamil muda. Alih-alih makan tiga kali sehari dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda makan lebih sering namun dalam jumlah yang sedikit.

  • Perbanyak asupan protein

Makanan yang tinggi lemak dan gula hanya akan memperparah keluhan. Lebih baik Anda menambahkan protein seperti daging, tahu, tempe, dan kacang-kacangan dalam menu sehari-hari.

  • Air putih cukup

Mual dan muntah saat hamil muda akan membuat Anda rentan mengalami dehidrasi. Karenanya, pastikan Anda cukup minum air putih, yaitu 1,5–2 liter per hari.

  • Konsumsi jahe

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi jahe saat mual dan muntah menyerang. Ini karena jahe dapat membantu pergerakan usus dan mempercepat pengosongan lambung, sehingga mengurangi keluhan mual.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Anda dapat mengonsumsinya langsung, diseduh menggunakan air hangat, atau dalam bentuk permen jahe.

Selain yang sudah disebutkan, selagi Anda tidak mengalami hipersensitif terhadap kandungan Jahe Emprit, Anda dapat mengonsumsi HerbaVOMITZ untuk mengendalikan keluhan mual dan muntah saat hamil muda. Namun sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi ini.

HerbaVOMITZ terbuat dari herbal pilihan. Setiap tablet mengandung AvominolTM, fraksi rimpang zingiber officinale 150 mg. HerbaVOMITZ obat herbal yang aman, cepat dan modern.

Namun bila keluhan mual dan muntah saat hamil muda sangat mengganggu hingga membuat Anda tidak bisa makan sama sekali, sangat lemas, dan terjadi sepanjang hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan. Jangan abai, keselamatan Anda dan janin adalah hal utama yang harus diperhatikan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar