Sukses

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Mata merupakan salah satu organ penting pada tubuh. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata Anda agar tetap prima.

Klikdokter.com, Jakarta Peribahasa mata adalah jendela dunia tentu ada benarnya. Penglihatan merupakan fungsi vital dalam menjalani kehidupan Anda sehari–hari. Tapi sayangnya banyak orang mengabaikan kesehatan mata dan menyepelekan gejala yang timbul pada mata. Oleh karenanya, jaga kesehatan mata Anda sebelum terlambat dengan cara berikut ini:

Jaga pola makan

Pastikan piring makan Anda terisi dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C dan vitamin E agar Anda terhindar dari berbagai penyakit mata seperti degenerasi makular (gangguan pada retina mata karena usia) dan katarak.

Anda bisa mendapatkan zat-zat tersebut dari sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, dll), ikan yang tinggi omega-3 (seperti salmon dan tuna), telur, kacang–kacangan, serta buah–buahan seperti lemon, jeruk atau stroberi.

Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular. Selain itu dengan berhenti merokok, Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Hindari paparan berlebih sinar matahari

Paparan berlebih sinar ultraviolet (UV) dari matahari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda, meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makular. Untuk itu, pastikan mata Anda terlindung dari sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi terhadap sinar UV.

Tidak terlalu lama menatap komputer atau layar ponsel

Melihat komputer atau layar ponsel Anda terus-menerus dapat menyebabkan mata lelah, pandangan kabur, penglihatan sulit fokus, mata kering, nyeri kepala dan nyeri tengkuk serta bahu.

Seperti yang dianjurkan oleh American Academy of Dermatology, lakukan aturan 20/20/20, yakni setiap 20 menit alihkan pandangan Anda sejauh 20 feet (sekitar sejauh 6 meter) selama paling tidak 20 detik.

Periksakan mata secara rutin

Untuk memastikan mata Anda tetap terjaga dengan baik, lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Tidak semua penyakit mata memiliki keluhan, seperti misalnya glaukoma yang seringkali tidak menimbulkan gejala. Dengan pemeriksaan mata rutin, penyakit mata dapat terdeteksi sejak dini.

Menjaga kesehatan mata dapat dimulai dari mengubah kebiasaan yang sehari-hari Anda lakukan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar