Sukses

5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda, bahkan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Kekurangan vitamin D di dalam tubuh dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda. Bahkan, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes hingga dua kali lipat. Sayangnya, Harvard University mencatat bahwa masih banyak orang di seluruh dunia yang kekurangan vitamin D.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan menurunnya penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus. Hal itu mengganggu proses pembentukan tulang dan mineralisasi gigi.

Astrid mengatakan, tanda awal yang dapat terlihat saat seseorang kekurangan vitamin D adalah rakitis, yaitu suatu penyakit yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang yang tidak wajar. Selain itu, persendian akan tampak besar akibat pembesaran lempeng epifisis, dan tulang kaki terlihat bengkok.

Namun gejala kekurangan vitamin D tidak hanya itu. Anda dapat memperhatikan lima tanda lain dari kekurangan vitamin D pada tubuh di bawah ini.

1. Keringat berlebih

Produksi keringat yang berlebihan bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin D. Dahi yang tak pernah berhenti berkeringat – bahkan saat berada di ruangan dengan suhu cenderung dingin –merupakan gejala awal yang dapat Anda perhatikan.

2. Selalu merasa lelah

Jika mudah merasa lelah, bahkan untuk pekerjaan yang tidak berat, Anda mungkin kekurangan vitamin D. Vitamin D berperan untuk menjaga kekuatan otot. Kurang vitamin D dapat berdampak rasa lelah yang tak terduga dan sering menyerang.

Bahkan, penelitian di Harvard University menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat membuat kontrol otot semakin menurun, terutama pada orang berusia 60 tahun. Namun berita baiknya, hal itu dapat disembuhkan hanya dengan mengonsumsi cukup vitamin selama enam bulan.

3. Patah tulang

Tulang akan berhenti tumbuh di usia 30 tahun. Kekurangan vitamin D dapat memicu terjadinya masalah tulang, seperti osteoporosis. Tanda yang mungkin akan Anda rasakan adalah rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar tulang, hingga akhirnya Anda menemukan bahwa tulang menjadi rapuh.

4. Nyeri di sekitar tulang dan sendi

Menurutnya, kekurangan vitamin D adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit osteomalasia. Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak sehingga mudah patah. Gejala penyakit ini yaitu penurunan berat badan, kesulitan menelan makanan, kelemahan otot, nyeri tulang yang menyebar, terutama pada daerah pinggang dan paha, dan perubahan bentuk pada tulang punggung dan anggota gerak (lengan dan tungkai).

5. Suasana hati buruk

Tanda lain bahwa Anda kekurangan vitamin D adalah suasana hati yang buruk, bahkan depresi. Hal itu terjadi karena vitamin D berkaitan dengan hormon serotonin, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati.

Jika beberapa tanda tersebut muncul, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan kadar vitamin D dalam tubuh. Ingat pula untuk meningkatkan asupan makanan bergizi, dan luangkan waktu untuk beraktivitas di luar rumah guna mendapatkan paparan sinar matahari pagi.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar