HomeGaya hidupDiet dan NutrisiInilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda
Diet dan Nutrisi

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

dr. Nabila Viera Yovita, 30 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak kalah dengan dagingnya, ceker ayam juga memiliki beragam khasiat. Apa saja manfaat ceker ayam untuk kesehatan? Yuk, simak di sini.

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

Selain lezat, ceker ayam juga populer karena manfaatnya untuk kesehatan. Hal ini berhubungan dengan kandungan kolagennya.

Ceker ayam terdiri dari kulit, tulang rawan, tendon, dan tulang. Tanpa menyediakan banyak daging, ceker ayam mengandung kolagen tinggi yakni protein yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh.

Bila diolah dengan benar, ceker ayam dapat membawa beragam khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat ceker ayam untuk kesehatan? Simak di bawah ini:

1. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh

Kandungan gizi ceker ayam meliputi berbagai mineral seperti tembaga, magnesium, fosfor, zink, dan kalsium.

Ada pula kolagen yang amat baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, manfaat makan ceker ayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Meremajakan Kulit

Ceker ayam kaya akan kolagen yang baik untuk kulit karena kemampuannya membentuk sel.

Kolagen juga meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini penyebab kulit keriput.

Karena efek tersebut, mengonsumsi ceker ayam dapat membantu menjaga kecantikan kulit.

Artikel Lainnya: Hangat dan Nikmat, Ini Fakta Sehat Ayam Rebus Jahe

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan gizi ceker ayam yang cukup lengkap, seperti kolagen, komponen protein, dan albumin, membuatnya mampu mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi kerusakan sel.

Nutrisi ceker ayam mampu mempercepat proses penggantian sel yang rusak. Hal ini membantu tubuh meningkatkan kemampuannya menyerang infeksi.

4. Meningkatkan Kekuatan Sendi dan Mencegah Tulang Keropos

Seiring dengan penuaan, kadar kalsium di dalam tubuh akan menurun. Sel pun akan lebih sulit diperbarui.

Dengan konsumsi ceker ayam rutin, nutrisi seperti kalsium, protein, dan kolagen dapat membantu menguatkan sendi serta mencegah kerapuhan tulang yang terjadi di usia lanjut.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Ceker ayam mengandung kolagen lebih banyak dibandingkan dada ayam. Kandungan ini berfungsi juga untuk menurunkan kadar tekanan darah.

Kolagen mampu mengurangi kadar renin plasma, sehingga tekanan darah tidak akan terus meningkat.

Umumnya pengolahan sup ceker ayam membutuhkan banyak garam. Namun, pada penderita darah tinggi sebaiknya penggunaan garam tidak digunakan sebanyak porsi orang tanpa hipertensi.

6. Menjaga Gusi Tetap Sehat

Nutrisi yang didapat dari ceker ayam juga menjaga kesehatan gusi. Makan ceker ayam membantu menyehatkan gusi karena mengandung banyak kolagen, asam amino, dan beberapa substansi pembentukan gelatin lainnya yang dapat menguatkan gusi.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ceker ayam dapat dijadikan sup maupun kaldu lezat. Segala nutrisi yakni protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin akan larut di dalam sup. Berbagai kandungan ini akan menyehatkan pencernaan, terutama usus.

8. Menjaga Kesehatan Kuku

Kolagen dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan struktur kuku. Manfaat ceker ayam dapat menjaga tubuh dan kuku tetap sehat. Kadar gelatin pada ceker ayam juga mampu memproses kalsium yang diserap oleh kuku.

Artikel Lainnya: Fakta Tentang Kulit Ayam yang Wajib Anda Ketahui

9. Membuat Kulit Awet Muda

Kadar kolagen di dalam ceker ayam mirip dengan yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan buah.

Kulit kering dan pecah-pecah, kerutan, serta garis halus yang dapat menjadi tanda penuaan dini dapat berkurang dengan konsumsi ceker ayam.

10. Menjaga Keseimbangan Hormon

Salah satu kunci keseimbangan hormon di dalam tubuh adalah kadar zink. Ceker ayam mengandung zinc untuk setidaknya mencukupi 1/3 kebutuhan tubuh dalam tiap porsinya.

Lemak baik ceker ayam juga dapat memperbaiki kerja berbagai fungsi kelenjar di dalam tubuh. Lalu, kesehatan pembuluh darah didapatkan dari kolagen yang berperan membantu suplai darah ke berbagai organ di dalam tubuh.

Demikian berbagai manfaat ceker ayam untuk kesehatan. Menggunakan ceker ayam sebagai kaldu bisa menjadi salah satu cara mengolah yang baik dan sehat.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar makanan sehat, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter.

(FR/AYU)

Ceker AyamNutrisiKolagen

Konsultasi Dokter Terkait