Sukses

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

Meski dianggap menjijikkan bagi sebagian orang, nyatanya ada banyak manfaat ceker ayam untuk kesehatan tubuh, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang suka mengonsumsi aneka hidangan berbahan daging ayam.  Namun hal ini tidak serta merta membuat mereka mau mengonsumsi ceker ayam, karena dianggap menjijikkan. Tapi, tahukah Anda bahwa manfaat ceker ayam bisa mendukung kesehatan tubuh?

Berikut di bawah ini adalah sederet manfaat ceker ayam untuk kesehatan:

1. Kaya akan kolagen

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan, terungkap bahwa kaki ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Kolagen merupakan salah satu bahan khusus yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas.

Kadar kolagen alami pada ceker ayam sangat mirip dengan kolagen yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

2. Membantu proses penyembuhan

Nutrisi yang ditemukan pada ceker ayam memiliki kandungan protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot dan tulang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa potensi nutrisi ini dapat membantu menyembuhkan luka.

3. Menjaga kesehatan gusi

Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menunjang gigi. Beberapa jenis penyakit gusi disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, masalah ini juga bisa ditimbulkan dari dalam tubuh.

Kurangnya vitamin dan nutrisi juga bisa menimbulkan masalah pada gusi. Ceker ayam adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi. Ada jaringan ikat dan tulang rawan, yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat gelatin. Karena itulah semua zat ini akan meningkatkan kesehatan gusi.

4. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Ceker ayam terkenal dengan semua nutrisi penting seperti agen pembentukan kolagen atau gelatin. Selain itu, ceker ayam juga mengandung berbagai mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium dan fosfor. Semua mineral ini dibutuhkan tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

5. Mencegah kerapuhan tulang

Ketika seseorang mulai menua, jumlah kalsium dalam tubuh akan menurun dan sel menjadi lebih sulit beregenerasi. Jika Anda mengonsumsi ceker ayam secara teratur, Anda bisa mendapatkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen. Nutrisi ini dapat membantu menguatkan sendi dan mencegah tulang rapuh saat tubuh mulai menua.

Tak perlu khawatir, bagi yang tidak terbiasa makan ceker ayam Anda tetap bisa mengolahnya menjadi kaldu. Dengan demikian, nutrisi dan manfaat ceker ayam untuk kesehatan tubuh tetap bisa Anda dapatkan.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar