Sukses

Sering Cemas di Pagi Hari? Ini Solusinya

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas di pagi hari.

Klikdokter.com, Jakarta Pagi hari adalah waktu yang paling krusial karena bisa membuat orang mudah cemas dan tidak mood. Jika kecemasan tidak segera diatasi, hal ini bisa berpengaruh terhadap aktivitas sepanjang hari.

Tentu memulai pagi dengan perasaan cemas adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai pagi dengan tenang.

1. Hilangkan kegelisahan anda

Setiap orang cenderung mengalami perasaan takut setiap Minggu malam. Hal ini sangat wajar terjadi karena akhir pekan telah berakhir. Cobalah untuk melakukan hal-hal positif agar perasaan takut itu hilang. Tanyakan pada diri Anda mengapa perasaan takut itu bisa muncul?

2. Berhenti membandingkan

Pernahkah Anda membandingkan pekerjaan Anda dengan pekerjaan orang lain, kemudian mengeluh karena pekerjaan Anda jauh lebih berat? Jika Anda terus-menerus mencemaskannya dan khawatir tentang hari-hari Anda, hal inilah yang harus dihentikan. Penting untuk Anda ketahui bahwa setiap orang berjuang untuk hidupnya masing-masing.

3. Identifikasi penyebab kecemasan

Gangguan kecemasan biasanya tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Duduklah dan pikirkan dengan tenang apa yang Anda rasakan. Apakah pekerjaan Anda terlalu menegangkan? Apakah hubungan membuat Anda tidak bahagia? Apakah kegelisahan ini berkembang dari waktu ke waktu? Jangan panik jika Anda tidak bisa menemukan penyebabnya. Akan tetapi, jika Anda bisa menemukannya, rasa cemas itu harus Anda hilangkan dari pusat kecemasan itu.

4. Jujurlah

Apa pun keadaan emosional Anda, bersikaplah jujur dengan beberapa teman dekat karena mereka pasti akan membantu mengurangi masalah Anda. Bertingkah seolah-olah Anda tidak merasa cemas atau sedih membutuhkan banyak energi dalam jumlah besar. Tentunya, hal ini akan menutup kemungkinan dukungan dari orang-orang yang peduli dengan Anda.

5. Atur waktu tidur

Rasa cemas dan tidak nyaman di tubuh bisa disebabkan oleh pola tidur yang buruk atau insomnia. Beberapa gangguan kesehatan seperti konsentrasi yang buruk, energi yang berkurang, dan masalah daya ingat bisa muncul di pagi hari ketika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang baik.

6. Batasi asupan gula

Ketika gula darah terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, hal ini akan membuat Anda merasa lelah, lesu, dan mengantuk. Gula dapat meningkatkan adrenalin yang kemudian memicu kecemasan, hiperaktif, dan sulit konsentrasi. Anjuran konsumsi gula per hari adalah sekitar empat sendok makan. Sebagai solusinya, konsumsilah makanan sehat yang kaya protein atau mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah-buahan.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas berlebih pada pagi hari. Namun, jika Anda setiap hari mengalami kecemasan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar