Sukses

5 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh Anda

Inilah manfaat yang bisa Anda rasakan jika melakukan sauna secara rutin.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penikmat sauna? Kegiatan mandi uap ini ternyata tidak hanya sekadar membuat keringat mengucur keluar, tetapi juga mendatangkan sederet manfaat sehat bagi tubuh.

Apa saja manfaat sauna untuk kesehatan?

1. Menjaga kesehatan otak

Sauna dipercaya mampu memperbaiki lapisan pembuluh darah, yang memungkinkan aliran darah lebih produktif ke organ tubuh seperti jantung dan otak.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Age and Aging, pria yang melakukan sauna beberapa kali dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena demensia dan penyakit alzheimer.

2. Membantu proses penyembuhan luka di kulit

Dalam sebuah penelitian di Finlandia, para periset mengungkapkan bahwa mandi sauna dengan fasilitas inframerah mampu menembus sel kulit tubuh secara efisien. Panas dari cahaya inframerah menembus ke sistem neuromuskular, yang pada akhirnya membantu proses pemulihan pada kulit yang luka.

3. Mengurangi rasa sakit

Menurut sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine, sauna mampu mengurangi rasa sakit dan menurunkan intensitas sakit kepala secara signifikan.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi dari Polandia mengungkapkan, seseorang yang melakukan sauna setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa manfaat ini mirip dengan yang didapat dari latihan fisik intensitas sedang.

5. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Sebuah studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menyebutkan bahwa sauna dapat menjaga kesehatan jantung. Meski alasan pastinya belum diketahui, mandi sauna jangka panjang sering dikaitkan dengan peningkatan fungsi kardiovaskular, peredaran darah yang lebih baik, mengatur tekanan darah, dan memperbaiki fungsi ventrikel kiri jantung.

Meski mendatangkan banyak manfaat, sauna tetap tidak boleh dilakukan sembarangan. Ini karena sauna menyebabkan tubuh terpapar suhu tinggi, yang pada akhirnya membuat keringat banyak keluar. Jika ini tidak disiasati, Anda akan berakhir pada kondisi dehidrasi. Maka itu, berkonsultasilah pada dokter sebelum melakukan sauna, khususnya bila Anda adalah ibu hamil, memiliki diabetes, ginjal atau jantung.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar