Sukses

Ini Plus Minus Olahraga di Malam Hari

Sudah tahu plus minus olahraga di malam hari? Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, olahraga bukan hanya sekadar untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menjadi gaya hidup pada sebagian besar orang. Ada yang membuat jadwal olahraga setiap hari. Bahkan, rutin olahraga di malam hari sudah menjadi hal wajar.

Namun, apakah olahraga di malam hari baik untuk kesehatan tubuh atau justru membuat Anda sulit tidur? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan olahraga di malam hari.

Kelebihan melakukan olahraga di malam hari:

1. Menghilangkan kepenatan.

Setelah seharian bekerja, Anda pasti ingin menghilangkan rasa penat atau stres. Anda dapat mencurahkannya dengan berolahraga seperti berlari, angkat beban, bersepeda atau jenis olahraga lain yang Anda suka.

2. Mendapatkan performa terbaik.

Jumlah kalori yang dibakar saat pagi hari bisa sama dengan malam hari. Hal tersebut bergantung pada kebiasan Anda mengalokasikan energi tubuh dalam sehari. Jika merasa mempunyai banyak energi saat malam hari, Anda tentu akan lebih maksimal berolahraga di malam hari, begitu pula sebaliknya.

3. Tidak diburu oleh waktu.

Anda tidak akan dikejar-kejar oleh aktivitas lain saat berolahraga di malam hari. Jadi, Anda punya waktu untuk lebih fokus pada olahraga.

4. Menghindari kebiasaan tidak sehat.

Tentu, Anda lebih baik berolahraga di malam hari daripada hanya berdiam diri menonton televisi sambil mengonsumsi camilan.

5. Metabolisme tubuh lebih siap.

Setelah melakukan banyak aktivitas seharian, tubuh secara tidak langsung sudah “dipanaskan”, sehingga tubuh sudah lebih lentur saat berolahraga di malam hari. 

Kekurangan olahraga di malam hari:

1. Menunda olahraga karena kepentingan lain.

Ada kalanya Anda punya acara dengan keluarga atau teman sepulang kerja. Hal ini bisa menjadi faktor penunda olahraga yang sudah Anda jadwalkan di malam hari.

2. Mengurangi jenis olahraga.

Kemungkinan Anda untuk melakukan olahraga di luar ruangan jadi berkurang. Olahraga di luar ruangan seperti berlari, bersepeda, sepak bola, tenis, berenang, golf, dan sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca, penerangan, dan lainnya.

3. Gangguan pola tidur.

Olahraga di malam hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda akan mengalami kesulitan tidur. Hal ini bisa terjadi ketika jarak waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat. Kadar hormon adrenalin dan hormon stres juga akan meningkat saat berolahraga.

4. Kesempatan bersosialisasi berkurang.

Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama teman-teman. Namun hal tersebut mungkin tertunda karena Anda harus fokus dengan program diet dan olahraga.

5. Sudah kehabisan energi.

Anda sangat mungkin kehilangan semangat untuk berolahraga di malam hari setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Hal tersebut terjadi karena energi Anda sudah terkuras habis. 

Kini, Anda sudah tahu plus minus olahraga di malam hari. Tidak masalah jika ingin berolahraga di malam hari setelah selesai bekerja. Namun, Anda perlu mengatur jadwal olahraga sebaik mungkin, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar