Sukses

Kenali Waktu Terbaik untuk Makan Buah

Waktu terbaik untuk makan buah pun ada mitosnya. Di bawah ini adalah faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Buah adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi, banyak pernyataan keliru yang beredar mengenai waktu yang tepat untuk makan buah. Inilah beberapa mitos mengenai makan buah, beserta fakta medisnya.

1. "Makan buah sebaiknya saat perut kosong."

Inilah salah satu mitos yang paling sering Anda dengar. Pernyataan tersebut mengklaim bahwa mengonsumsi buah bersamaan dengan makanan lain dapat memperlambat pencernaan.

Faktanya, meski buah bisa menyebabkan proses pencernaan Anda lebih lambat, namun memperlambat pengosongan perut adalah hal yang baik. Jadi, tidak ada dukungan ilmiah di balik gagasan bahwa mengonsumsi buah saat perut kosong lebih baik ketimbang saat perut terisi makanan.

2. "Mengonsumsi buah sebelum atau sesudah makan akan menguraangi nilai gizi."

Mitos ini sepertinya perpanjangan dari mitos sebelumnya yang menyarankan bahwa makan buah lebih baik saat perut kosong. Pernyataan ini mengklaim bahwa nutrisi pada buah akan hilang. Nyatanya, hal ini sama sekali tidak benar.

Tubuh manusia telah berevolusi dari waktu ke waktu agar bisa efisien ketika harus menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu, usus kecil dirancang untuk menyerap nutrisi sebanyak mungkin, terlepas dari apakah Anda makan buah sebelum atau sesudah makan.

3. "Jika anda memiliki diabetes, konsumsilah buah 1–2 jam sebelum atau sesudah makan.”

Mitos ini mengklaim bahwa penderita diabetes sering memiliki masalah pencernaan, dan memakan buah secara terpisah dapat meningkatkan pencernaan. Sayangnya, ini adalah saran yang buruk bagi penderita diabetes.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa mengonsumsi buah secara terpisah dari makanan dapat meningkatkan pencernaan. Namun, gula yang terkandung di dalam buah bisa masuk ke aliran darah lebih cepat. Hal inilah yang harus diwaspadai oleh penderita diabetes.

Alih-alih memakan buah secara terpisah, memakannya dengan menu utama atau sebagai camilan yang dipasangkan dengan makanan tinggi protein, serat, atau lemak adalah pilihan yang jauh lebih baik bagi penderita diabetes.

4. "Waktu terbaik untuk makan buah adalah sore hari."

 Tidak ada bukti di balik pernyataan ini. Mitos ini mengklaim bahwa metabolisme akan melambat di siang hari, dan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti buah dapat meningkatkan kadar gula darah.

Yang benar adalah makanan berkarbohidrat akan menaikkan gula darah, terlepas dari waktu Anda mengonsumsinya. Oleh karena itu, setiap saat sepanjang hari adalah saat yang tepat untuk makan buah. Buah-buahan tergolong makanan yang dapat dimakan sepanjang hari.

Di dalam buah-buahan, Anda bisa menemukan banyak nutrisi seperti serat, vitamin, mineral hingga antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, Anda tak perlu lagi mempercayai mitos-mitos tentang makan buah tersebut.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar